HomeKSB

Jalan ke Talonang Baru Tertimbun Material Longsor

Jalan ke Talonang Baru Tertimbun Material Longsor

Bupati KSB Rombak Ulang Jabatan Eselon II, Ini Komposisinya
Peringati HUT ke-76, PGRI KSB Gelar PORSENI
Tolong Buka Pangkalan LPG Subsidi di Talonang Baru

SUMBAWA BARAT – Tanah longsor terjadi di jalan wilayah selatan sekitar Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat.
Akibatnya, jalan satu-satunya menuju desa bagian selatan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tertimbun material longsor.
Kepala Desa Talonang Baru Budi Haryo yang dihubungi di Taliwang membenarkan, jalan milik Provinsi NTB menuju Desa Talonang Baru longsor sekitar 300 meter. Lokasinya sekitar tanjakan Naga. ”Dilokasi itu sudah beberapa kali terjadi longsor,” jelasnya.
Dari beberapa terjadi longsor, dilakukan pembersihan secara gotong royong oleh pemerintah desa bersama warga masyarakat, dibantu Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas serta pegawai Pustu dan agen PDPGR Desa Talonang Baru.
”Beberapa kali kami melakukan gotong royong pembersihan material longsor dengan mengunakan alat seadanya dititik longsor di tanyakan naga,” katanya.
Jika tidak segera dilakukan pembersihan, warga tidak bisa melewati jalan-jalan satu-satunya menuju ke pusat Kecamatan Sekongkang dan Taliwang pusat pemerintahan KSB.
Longsor tidak hanya menutup akses jalan. Juga mengakibatkan pohon sekitar tebing bahu jalan tumbang.
Selain itu juga, dikhawatirkan gorong-gorong jembatan yang baru dibangun oleh pihak ketiga, dikhawatirkan roboh dan pecah. Mengingat intensitas air bah saat hujan cukup tinggi.
Kondisi ini katanya, sudah disampaikan ke Pemprov NTB melalui dinas terkait. Namun hingga saat ini belum ditindaklanjuti, melakukan pembersihan material tanah longsor yang bertebaran di jalan. ”Kami berharap Pemprov NTB turun menangani titik longsor yang mengancam menutup akses jalan satu-satunya yang bisa dilalui mendukung aktifitas masyarakat Desa Talonang Baru,” pungkasnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: