HomeOpini

Pentingnya Pendidikan Pancasila Diterapkan pada Perguruan Tinggi

Pentingnya Pendidikan Pancasila Diterapkan pada Perguruan Tinggi

Pancasila Sebagai Dasar Pergaulan Generasi Muda
Peran Pancasila sebagai Sistem Etika
Peran Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional

Oleh : Sri Maryati, Mahasiswa Prodi PBSI Fakultas FKIP Universitas Samawa (UNSA)

Pancasila merupakan pedoman kehidupan bagi bangsa Indonesia serta sebagai pilar ideologi negara Indonesia. Jadi, sangat penting untuk pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada kalangan mahasiswa.
Artikel ini disusun untuk mengetahui pentingnya Pendidikan Pancasila diterapkan pada perguruan tinggi. Pendidikan pancasila di tingkat perguruan tinggi sangat penting untuk dipelajari karena Pendidikan Pancasila merupakan proses lanjutan pembentukan karakter bagi manusia serta sebagai pedoman untuk kedepannya dalam menyikapi hal apapun.
Teknologi yang semakin pesat saat ini dapat memberikan dampak positif dan juga negatif bagi kehidupan bangsa khususnya dikalangan mahasiswa dan penduduk negara Indonesia. Karena banyaknya kalangan pemuda-pemudi zaman sekarang ini yang mengikuti kebudayaan luar tanpa menyaring lebih dulu kebudayaan tersebut. Perubahan tingkah laku pun sudah sangat terlihat jelas berbeda. Misalnya dilihat dari gaya berbicara kepada orang dewasa yang sudah tidak ada lagi kesan sopan santunnya, serta kosakata yang digunakan bahkan terkesan cukup kasar dan tidak mencerminkan jati diri anak bangsa yang baik.
Dengan berkurangnya nilai-nilai kesadaran tiap individu baik manusia terpelajar atau mahasiswa dan sebagainya sekarang sudah banyak yang bertindak tidak sesuai dengan kaidah pancasila. Oleh sebab itu, betapa pentingnya Pendidikan pancasila diterapkan pada perguruan tinggi juga dikalangan masyarakat, karena Pendidikan Pancasila merupakan proses lanjutan pembentukan karakter bagi manusia dimana akan berlangsung sampai manusia itu menemui ajalnya.
Bahkan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Bambang Soesatyo mengingatkan pada seluruh mahasiswa Indonesia untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut disampaikan lantaran kelak generasi muda atau penerus bangsa akan menerima tongkat estafet kepemimpinan nasional.
Sehingga Pancasila perlu dan penting sekali ditanamkan dalam benak setiap anak bangsa. Agar nilai Pancasila tidak hanya sekedar pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu, para mahasiswa dapat menanamkan serta mewariskan nilai Pancasila. Untuk itu, diharapkan agar seluruh mahasiswa di Indonesia harus menerima kuliah pendidikan Pancasila, sebab segala aturan, hukum, dan hak dalam masyarakat tercantum dalam Pancasila.

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: