HomeOpini

Pancasila Sebagai Dasar Pergaulan Generasi Muda

Pancasila Sebagai Dasar Pergaulan Generasi Muda

Pentingnya Pendidikan Pancasila Diterapkan pada Perguruan Tinggi
Selamat, Kini Prodi Fisika FKIP UNSA Terakreditasi Baik Sekali
Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa, Mulai dari Orde Lama hingga Reformasi

Oleh : Elis Triana, Mahasiswa Prodi PBSI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa (UNSA)

Pancasila merupakan dasar dan pandangan dalam menjalani kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat di Indonesia. Dalam pancasila terdapat nilai-nilai yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.
Nilai pancasila harus ditanamkan kepada generasi muda sejak dini dikarenakan sangatlah penting agar mengetahui bagaimana menjadi generasi yang baik, bertanggung jawab, selalu menerapkam nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan,persatuan maupun nilai kerakyatan, karena berdasarkan dengan kehidupan saat ini yang dimana generasi milenial mulai melupakan pedoman hidup Pancasila, dan pergeseran nilai-nilai Pancasila pun didalam lingkungan kehidupan manusia saat ini telah berubah dengan adanya kemajuan IPTEK, individualnya lebih banyak dibandingkan dengan sikap sosial di lingkungannya. Dengan begitulah sangat penting menerapkan nilai pancasila bagi generasi penerus bangsa yang disebut juga generasi milenial.
Namun di era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi saat ini banyak sekali terjadi penyimpangan dalam sistem pergaulan generasi milenial. Contohnya maraknya tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, penyalahgunaan media digital dan yang baru baru ini terjadi adalah teroris milenial.
Generasi milenial seakan kehilangan arah dan tujuan, hal itu disebabkan karena merosostnya nilai-nilai moral pancasila pada diri generasi milenial dan kurangnya kesadaran akan pentingnya Pancasila sebagai dasar pergaulan. Implementasi nilai-nilai pancasila hanya menjadi teori yang di ajarkan di sekolah saja, karena generasi milenial belum bisa mengamalkan nilai pancasila dalam kehidupan dan sistem pergaulan.
Hari ini seharusnya bisa menjadi filter dan pembenteng dalam menghadapi dampak globalisasi pada sistem pergaulan generasi milenial. Jika generasi milenial tidak dapat menyaring dampak globalisasi dan mereka justru terpengaruh oleh dampak Pancasila sebagai dasar dan pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-globalisasi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila, maka akan berdampak buruk pada kehidupan bangsa selanjutnya, karena generasi milenial juga merupakan generasi penerus yang menjadi harapan bangsa di masa mendatang.
Pemantapan nilai pancasila harus dilakukan dan dijalankan dengan tegas dan teratur sesuai norma yang berlaku serta dengan tujuan memperbaiki pergaulan dan etika bangsa ini. Seharusnya Pancasila dijadikan acuan para generasi milenial dalam bersikap, bertindak dan bertutur kata yang sesuai dengan norma yang berlaku. Karena pancasila sebagai pedoman hidup dalam menghadapi berbagai macam ancaman perpecahan bangsa yang diakibatkan perbedaan pandangan dalam berbagai aspek, baik dari segi politik, budaya, agama, suku, ras dan serangan paham dari luar yang bertentangan dengan ideologi negara.
Walaupun di era gobalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, tetapi ada banyak sisi positif dan negatifnya. Kita terutama generasi milenial harus dapat menyaring dampak globaliasasi yang ada saat ini dan yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa. Pemantapan nilai-nilai pancasila pada diri generasi milenial juga sangat dibutuhkan agar generasi milenial bisa menyaring apa saja yang dapat masuk pada dirinya dan tentunya yang sesuai dengan nilai dan moral pancasila. Dan dengan pancasila generasi milenial juga harus bisa lebih bijak dalam penggunaan teknologi khususnya media sosial. Karena kemajuan teknologi yang meningkat harus diimbangi dengan moral pancasila yang meningkat pula.

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: