HomePolitik

Semangat Kolektif Pelajar-Mahasiswa Studi Kepemiluan Diapresiasi KPU

Semangat Kolektif Pelajar-Mahasiswa Studi Kepemiluan Diapresiasi KPU

KPU Sumbawa Gandeng KPU Provinsi Sosialisasi ke kampus STAI NW Sumbawa
DPB Agustus, Pemilih Bertambah 130 Orang
419 Orang Calon PPK Jalani Seleksi Tertulis

SUMBAWA-Dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024, KPU Kabupaten Sumbawa telah melakukan pendidikan pemilih bagi siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di kabupaten Sumbawa.

Upaya tersebut kemudian direspon oleh sejumlah sekolah dan Kampus dengan melakukan kunjungan studi kepemiluan ke Kantor KPU Sumbawa.

Upaya tersebut sangat diapresiasi Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan, M.Pd. Menurutnya, kunjungan studi kepemiluan seperti itu adalah bentuk kesadaran dan semangat Kolektif dari pelajar dan mahasiswa dalam rangka mengenal Sistem Pemilu Indonesia lebih dalam, lebih dekat dan teknis tentang sejarah, aturan, preferensi perilaku pemilih money politic, potensi polarisasi konfilik pemilu dan bagaimana kedaulatan warga negara di dalam pemilu.

“Alhamdulillah sudah banyak Sekolah dan perguruan tinggi yang melakukan kunjungan studi kepemiluan ke kantor KPU Sumbawa, kami sangat mengapresiasi itu,”ujarnya.

Adapun terhadap sekolah dan Kampus yang melakukan studi kepemiluan tersebut menurut Ketua Divisi Sosdiklih, partisipasi dan SDM KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Ali, oleh KPU sekaligus diberikan fasilitasi pelaksanaan Pemilos atau Pemira. Seperti untuk kategori pemilih pemula antara lain, SMA 2, SMK 1, SMK 3, MAN 1, MAN 2, dan SMA K. Sedangkan untuk kategori pemilih muda antara lain ,UNSA, UTS dan STAI NW.

“Kehadiran pelajar, mahasiswa, guru dan dosen pada kunjungan studi pemilu ini, menunjukkan aktifnya kesadaran dan semangat kolektif pemilih, bahwa pengetahuan untuk menghadapi pemilu serentak 2024 agar menjadi pemilih cerdas gunakan hak pilihnya, tidak salah pilih dan bukan karena uang/barang dalam memilih menjadi sangat penting, “ jelas Komisioner muda ini.

Kehadiran pemilih ini belajar ke kantor KPU Sumbawa menurutnya, bukan hanya tujuan sosialisasi dan pendidikan pemilih relatif berhasil ciptakan pemilih aktif tetapi juga mengubah potret pendidikan pemilih yang selama ini topdown, dimana sebelumnya KPU Sumbawa yang aktif mencari sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih, sekarang button-up pemilih yang aktif mencari informasi pemilu.

Bahkan kata Komisioner ramah ini, beberapa waktu lalu, atas semangat kepemiluan, KPU Sumbawa diundang langsung oleh kelompok KKN Universitas Muhammadiyah Mataram untuk pendidikan pemilih di Desa Jurumapin Kecamatan Buer bagi tokoh adat, agama dan perempuan.

Dijelaskannya, partisipasi kesadaran pemilih, semakin tinggi partisipasi, akan berbanding lurus pengguna hak pilih pada pemilu dan pilkada.

“Di Sumbawa pada pemilu 2019 dan pilkada 2020 mencapai 81 sampai 82%, pada pemilu 2024 nanti KPU Sumbawa menargetkan partisipasi meningkat pada 14 Februari dan 27 November 2024, bisa mencapai 85% yang gunakan hak pilihnya,: jelasnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: