HomeEkbis

Pertama di NTB, Pasar Seketeng Mulai Terapkan Parkir Elektronik

Pertama di NTB, Pasar Seketeng Mulai Terapkan Parkir Elektronik

Undian Simpedes BRI , Ini Daftar Nasabah yang Beruntung
Sumbawa Disurati Kemensos
Bupati  Ajak Semua Pihak Aktif Perangi Narkoba

SUMBAWA- Pemberlakuan parkir elektronik di wilayah pasar tradisional pertama di NTB akhirnya terwujud. Kolaborasi BRI Cabang Sumbawa dengan Pemda Sumbawa akhirnya sukses menerapkan e-parking di wilayah Pasar Seketeng, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Peresmian penerapan e-parking ini digelar, Rabu (12/10) di halaman parkir pasar Seketeng. Pengguntingan pita tanda mulai penerapannya e-parking ini langsung dilakukan Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah. Bupati didampingi langsung pemimpin Cabang BRI Sumbawa Abdul Aziz Setiawan, Kapolres Sumbawa, AKBP Henry Novita Chandra, S.IK, MH. Hadir juga pejabat yang mewakili Dandim 1607 Sumbawa, Kapolsek Kota, Asisten II Sekda, Aisten II Kadishub, Camat Sumbawa, Lurah Seketeng, KUPT Pasar Seketeng, para pedagang dan tokoh masyarakat.
Penerapan e-parking ini sebenarnya sudah sejak lama diwacanakan pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa. Untuk mencari pendor terbaik, pihak Pemda sebelumnya bahkan menggelar beauty contest yang diikuti sejumlah bank baik bank daerah maupun nasional yang ada di Kabupaten Sumbawa. BRI Cabang Sumbawa terpilih menjadi yang terbaik dan dianggap layak menjadi mitra pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa dalam menerapkan e-parking ini.
“Alhamdulillah ini yang pertama di NTB untuk penerapan e-parking di pasar tradisional. Semoga ini bisa berjalan maksimal dan membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sumbawa. Ini bagian dari upaya kami membantu pembangunan di daerah,” kata Pemimpin Cabang BRI Sumbawa, Abdul Azis Setiawan, dalam sambutannya.
Dijelaskan, dalam penerapan parkir elektronik ini, proses pembayarannya menggunakan kartu BRIZZI. Sehingga, dengan penggunaan BRIZZI ini secara tidak langsung dapat mengembangkan bisnis BRI. Karena akan memicu masyarakat membuka rekening di BRI.
Penerapan parkir elektronik ini ungkap Azis, juga upaya mendukung kebijakan pemerintah yakni Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Dengan gerakan ini, dapat menciptakan sistem pembayaran yang aman, efisien, dan lancer. Termasuk membantu pemerintah menekan biaya cetak uang tunai yang cukup besar.
Sebelumya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa, Abdul Azis S.Sos., M.Si dalam laporannya memparkan, untuk mendukung parkir elektronik Pasar Seketeng ini dibangun sejumlah fasilitas. Yaitu dua portal pintu masuk, dua di pintu keluar, dan satu di pintu darurat. Pihaknya juga telah menyiapkan ruang parkir dengan kapasitas 343 unit kendaraan roda dua, dan 70 roda empat. Untuk pengoperasian parkir elektronik ini telah dilatih dua mentor dan empat kasir serta 8 pengawas parkir dari Dishub. Untuk system penyetoranya, bendahara dari Dishub telah membuka rekening BRI khusus untuk penampung retribusi parkir ini. Uang dari hasil retribusi ini akan ditarik setiap bulannya untuk disetorkan ke kas daerah.
Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada BRI yang telah menyipakan semua fasilitas e-parking ini dengan baik. Dia berharap penerapan e-parking ini bisa berjalan maksimal. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: