HomeKSB

KPU Sumbawa Barat Ajak Stakeholder Sukseskan Pemilu Serentak

KPU Sumbawa Barat Ajak Stakeholder Sukseskan Pemilu Serentak

KPU Apresiasi Program Pendidikan Politik Pemkab Sumbawa
KPU Sumbawa Ikuti Bimtek Verifikasi Faktual
Periode Juli, KPU Sumbawa Tetapkan 337.545 DPB

SUMBAWA BARAT, Intanmedia. com, Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, pemilihan Presiden dan wakil presiden dan anggota DPR, DPD dimulai. Ditandai peluncuran tahapan Pemilu serentak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara nasional Selasa (14/6) kemarin.
Kegiatan itu diikuti oleh KPU Sumbawa Barat secara straiming bersama para tamu undangan di salah satu resto di Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.
Ketua KPU Simbawa Barat Denny Syaputra usai peluncuran tahapan Pemilu oleh KPU RI dihadapan para tamu undangan yang hadir mengatakan, dengan diluncurkan secara resmitahapan Pemilu, sekaligus menjawab isu penundaan pelaksanaan Pemilu 2024 yang berkembang di tengah masyarakat selama ini. ‘Selama ini KPU tetap berkomitmen melaksanakan pesta demokrasi lima tahun sekali sesuai yang telah diamanatkan konstitusi,” katanya.
Seiring tahapan pelaksanaan Pemilu 2021, berharap kepada penyelenggara dan para pihak terlihat lainnya. Khususnya yang di Kabupaten Sumbawa Barat untuk secara bersama-bersama mendukung dan mensuskseskan pelaksanaan Pemilu 2024 dari semua tahapan hingga penetapan calon terpilih mendatang.
Sebab dalam konteks sukses dan berhasilnya penyelenggaraan Pemilu mendatang, bukan saja kerja sendiri KPU Sumbawa Barat. Melainkan hasil kerjasama semua stakeholder.
Karena itu, dalam konteks Pemilu dewasa ini, pendidikan poltik kepada pemilih sangat penting untuk menghasilkan Pemilu yang berkualitas.
Karena itu dia berharap semua pihak. Khususnya, Parpolyang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), secara bersama-sama dengan penyelenggara dapat memberikan pendidikan politik sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada. Hindari hal-hal yang dapat mencedrai proses demokrasi. ”Parpol memiliki peran strategis dalam memberikan pendidikan politik. Dan itu merupakan salah satu bagian didirikan Parpol memberikan pendidikan politik yang berkualitas,” jelasnya.
Dikatakan, dalam penyelenggaraan Pemilu mendatang, dari semua tahapan hingga penetapan calon terpilih, KPU KSB selalu terbuka diri dari segala aspek demi terwujudnya Pemilu yang demokratis yang dicita-citakan negara selama ini. Dengan demikian kata komisioner dua periode ini, KPU Sunbawa Barat sangat terbuka dan menerima masukan dan kritikan yang membangun dari berbagai pihak. ”KPU Sumbawa Barat sangat membuka diri menerima masukan dan kritikan dari masyarakat untuk mensukseskan Pemilu yang berkualitas ke depan,” katanya.
Denny sapaan akrab komisioner dua periode ini kembali menjelaskan, peluncuran Pemilu 2024. Hanya tahapan pelaksanaan penyelenggaraan, belum ada ketentuan atau tehnis penyelenggaraan Pemilu lebih lanjut. Aturan tehnis penyelenggaraan, segera diterbitkan. Karena itu, khusus terkait pendaftaran dan verifikasi faktual Parpol yang akan menjadi peserta Pemilu 2024, untuk sementara ini belum dapat dijelaskan secara detail. Hanya syarat secara ketentuan umum.
Begitu juga terhadap Parpol peserta Pemilu 2019 yang memiliki wakil di DPR RI, apakah nanti akan dilakukan verifikasi faktual atau secara administrasi kelengkapan administrasi, belum dipastikan. Masih menunggu Petunjuk Pelaksan dan Petunjuk Tehnis (Juklak dan Juknis) dari KPU RI.
Intinya Parpol yang akan menjadi peserta Pemilu mendatang tetap mempersiapkan diri. Sebab katanya, sesuai jadwal dan Tahapan penyelenggaraan Pemilu yang telah ditetap, setelah perencanaan program dan anggaran 14 Juni hingga 14 Juli dan Pemutahiran data Pemilih dan penyusunan data pemilih 14 Oktober 2022 hingga 21 Juni 2023, pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu dilaksanakan 29 Juli hingga 13 Desember 2022. Sedangkan penetapan peserta Pemilu 14 Desember 2022 dan sejumlah tahapan lain pelaksanaan Pemilu yang dilaksanakan sejak tahapan Pemilu serentak diluncurkan 14 Juli. Sedangkan pemungutan dan penghitungan suara pemilih dilaksanakan 14 Februari hingga 15 Februari 2023 mendatang. Intinya tahapan Pemilu telah ditetapkan oleh KPU RI. ”KPU KSB siap mensukseskan dan melaksanakan semua tahapan yang telah ditetapkan,” katanya optimis.
Selama prosesi peluncuran tahapan Pemilu secara streaming yang disaksikan para tamu undang terbatas berjalan rertib. Pantuan media ini, peluncuran tahapan Pemilu 2024 kemarin, tanpa dihadiri perwakilan dari Pemerintah Sumbawa Barat dan perwakilan DPRD Sumbawa Barat.
Berdasarkan list undangan KPU Sumbawa Barat, undangan yang disebarkan terbatas. Sekitar 31 undangan. Diantaranya, Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat, Kapolres, Dandim, Bawaslu Ormas, NU dan Muhammadiyah DPC Parpol peserta Pemilu 2019 yang ada di KSB serta Media Massa di wilayah setempat. Diantara mitra penyelenggara Pemilu yang diundang, hanya perwakilan dari Pemda Sumbawa Barat dan DPRD setempat yang tidak memenuhi undangan dimulainya tahapan Pemilu 2024.(IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: