HomeEkbis

Dengan KUR, Pengusaha Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

Dengan KUR, Pengusaha Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

Puluhan Anggota KSU Rinjani Tuntut Program 100 Juta untuk 3 Ekor Sapi, Begini Penjelasan Kapolres Sumbawa
Pinjam KUR di BRI, Proses Mudah, Petani Sukses
Undian Simpedes BRI , Ini Daftar Nasabah yang Beruntung

Jangan hianati kepercayaan bila tetap ingin dipercaya. Termasuk dengan lembaga perbankan. Butuh tambahan modal usaha, bank bisa bantu. Ada banyak program kredit yang dimiliki bank. Salah satunya adalah KUR. Proses mudah, bunga ringan.

Zulkarnain-Sumbawa

Pandemi Covid- 19 sejak dua tahun terakhir di Kabupaten Sumbawa benar-benar sangat terasa. Bukan hanya bagi masyarakat biasa. Tetapi juga bagi para pengusaha. Dari kelas bawah, menengah hingga pengusaha kelas atas. Junaidi adalah salah satunya. Saat pandemi, pengusaha ikan di Pidang Kecamatan Tarano ini, omzetnya terus menurun. Bahkan dia hampir putus asa. Usaha
jual beli ikan eksport dan lokalnya merosot. Namun dia tidak patah semangat. Berbagai cara dan upaya terus dilakukan agar bisa bertahan. Dia membutuhkan tambahan modal. Kredit Usaha Rakyat (KUR) benar-benar menyelamatkannya hingga saat ini mulai bangkit lagi.
“Saya coba pinjam 20 juta. Kemudian naik ke 30 juta. Alhamdulillah sekarang dipercaya dapat pinjaman 50 juta. Proses di BRI Unit Empang benar-benar mudah dan cepat,” akunya kepada wartawan, Jumat (24/12).

Berkat KUR, Junaidi kini mulai bisa sedikit tersenyum. Usahanya terus berkembang. Bahkan saat ini dia sudah memiliki pangkalan ikan
di Sape, Bima. Dengan adanya pangkalan ini, pasokan ikan untuk usahanya menjadi maksimal. Suplay ikan pun mampu memenuhi permintaan pasar. Untuk ikan jenis ekspor seperti Kakap, Kerapu dan Sunu’ dia kirim ke Bali. Untuk kebutuhan ikan lokal juga cukup besar. Omzet hariannya bisa mencapai puluhan juta.

Sebagai orang yang sudah merasakan nikmat dan suksesnya mengelolah dana KUR, kini dia berkomitmen membantu nelayan lainnya. Di Pidang dia menjadi salah satu agen BRI. Dengan ikhlas membantu para nelayan lainnya untuk mendapatkan akses modal usaha dari dana KUR. Segala proses dan lainnya ditangani tanpa ada biaya tambahan yang dikeluarkan para nelayan. Hingga nanti proses pencairan di BRI Unit Empang. “Setelah semua berkas lengkap, disurvey, langsung cair. Tidak ada fee ataupun istilah lainnya. Proses mudah. Pinjaman juga langsung masuk ke rekening pinjaman semuanya. Semoga ke depan KUR ini terus berlanjut dan nilainya bisa bertambah,” katanya.

Penikmat pinjaman KUR di BRI Unit Empang lainnya yang kini sukses adalah Zulkifli. Pengusaha ternak yang sudah sekitar 9 tahun menjadi nasabah KUR ini mengaku sangat terbantu dengan adanya KUR ini.
“Awalnya usaha penggemukan saya hanya kecil kecilan. Saya coba ajukan pinjaman KUR. Alhamdulillah dipercaya bank. Prosesnya juga sangat Gambang. Hanya lengkapi berkas administrasi, buat surat keterangan usaha. Petugas datang survey usaha kami. Setelah itu disuru datang ke BRI unit. Cair dan Beres,” tuturnya kepada wartawan dengan penuh semangat tanpa lelah padahal baru pulang mengantar ternaknya.

Baginya, pelayanan BRI Unit Empang adalah yang terbaik. Cepat dan tepat. Ke depan dia berharap selalu menjadi salah satu pengusaha yang dipercaya untuk mengelolah dana KUR. Karena benar benar sangat membantu.
“Alhamdulillah secara ekonomi ada peningkatan. Tidak perlu saya sebutkan apa yang sudah saya bisa dapatkan saat ini karena dana KUR. Yang jelas Alhamdulillah saya bisa seperti sekarang ini,” katanya sambil tersenyum. (*)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: