HomeSumbawaOpini

Anak Muda dan Politik

Anak Muda dan Politik

Strategi APBD Menghadapi Peluang dan Tantangan Dalam Pembangunan Daerah Sumbawa Barat
PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH YANG BERSUMBER DARI PENGHASILAN ASN KABUPATEN SUMBAWA BARAT
Dampak Sekolah Daring di Masa Pandemi Covid-19

OPINI

Oleh : Lila faradila – Mahasisiwi Ilmu pemerintahan IISBUD SAREA

Pandangan anak muda perihal politik selalu buruk, biasanya menyebutkan politik itu kotor, politik itu teman jadi musuh, musuh jadi teman tidak ada yang abadi, politik juga dipandang ladang kotor yang berorientasi pada uang.

Padahal berdinamika di kampus dan organisasi termasuk bagian dari politik, tetapi masih sangat sedikit anak muda yang terjun ke dunia politik praktis. Lagi-lagi dengan alasan cost politic yang mahal membuat anak muda enggan bergabung ke dunia politik.

Ada beberapa alasan mengapa anak muda penting untuk berpolitik. Pertama, anak muda adalah generasi penerus, ya lambat laun yang saat ini sedang menjadi Presiden, Anggota Legislatif dan semua sektor akan mengalami penuaan.

Kedua, memutus oligarki. Hari ini banyak politisi yang mengajak keluarganya terjun ke dunia politik, tak lain dan tak bukan untuk meneruskan perjuangan politisi tersebut, tapi bagi masyarakat hal tersebut sangatlah tidak pantas apalagi jika pemerintahan dikuasai oleh keluarga.

Ketiga, anak muda lebih produktif. Anak muda akan lebih cepat belajar ketika baru menjadi anggota legislatif, karena anak muda masih bisa cepat mempelajari sesuatu sehingga tidak bergantung kepada staf ahli.

Keempat, anak muda memiliki gagasan yang segar, tentu dengan banyaknya anak muda di politik maka akan banyak gagasan dan ide segar agar amanah melaksanakan demokrasi yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 lebih terasa di masyarakat.

BAGAIMANA CARA MEMULAINYA?
Pertama, kita harus mempersiapkan keilmuan tentang politik sebelum kita benar² terjun ke dunia politik

Kedua, kita harus memperbanyak relasi dan juga masyarakat hal seperti ini bisa dilakukan saat kita masih diperkuliahan seperti mengundang politisi² agar kita bisa belajar dan menambah wawasan tentang politik.

Ketiga, tentu saja materi karena terjun ke dunia politik tidak hanya wawasan tetapi juga materi, karena dunia politik harus siap mengeluarkan cost yang besar seperti saat kampanye atau sekedar berbaur dengan masyarakat.(IM)

Tulisan dipublikasi untuk memenuhi tugas penulis. Tulisan ini tanggung jawab dari penulis.

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: