HomePolitik

Semua Parpol Sudah Cairkan Banpol

Semua Parpol Sudah Cairkan Banpol

Dewan Minta Distributor dan Pengecer Pupuk Dievaluasi
PPS Wajib Rapid Test
Mo-Novi Final, PKS Serahkan SK dan Deklarasi

SUMBAWA- Pandemi Covid-19 tidak berdampak pada kucuran bantuan anggaran partai poltik (Banpol). Sebab seluruh Parpol penerima Banpol di Kabupaten Sumbawa sudah mencairkan anggaran tersebut.
Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dalam Negeri (Bakesbangpoldagdri) melalui Kasubddit Kelembagaan Politik Dra. Dewi Saptuti, bahwa seluruh Parpol penerima Banpol sudah melakukan pencairan.
“Pencairan kemarin yang terakhir hari Selasa dari PKB. Semua 12 parpol sudah mencairkan,” katanya Rabu (3/6).
Adapun untuk penggunaan angggaran tersebut menurutnya tetap berpedoman pada aturan Permendagri Nomor 36 Tahun 2018 dan PP Nomor 1 Tahun 2018.
“Penggunaannya tetap 60:40, 60 persen untuk pendidikan politik, 40 persen untuk operasional sekretariat,” jelasnya.
Untuk penyampaian laporan penggunaan anggaran tahun 2020, sesuai dengan aturan yang berlaku, penyampaiannya satu bulan setelah berakhirnya tahun anggaran. Yakni 31 Januari 2021.
Sementara pencairan berikutnya dilakukan setelah ada audit penggunaan anggaran tahun 2020 dari BPK. Setelah adanya audit keluar LHP, baru bisa pencairan untuk tahap berikutnya.
Terkait penyampaian laporan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap konsistensi Parpol. Sebab dalm tiga tahun terakhir, tidak pernah ada keterlambatan. Hal ini, memang tidak terlepas dari upaya koordinasi dan pembinaan dari Kesbangpoldagri bagi kesekretariatan Parpol. (im01)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: