HomePendidikan

Empat Mahasiswa UNSA Lulus Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ke Malang dan Padang

Empat Mahasiswa UNSA Lulus Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ke Malang dan Padang

Pentingnya Pendidikan Pancasila Diterapkan pada Perguruan Tinggi
Kapolres Sumbawa Jadi Narasumber pada Pelepasan Mahasiswa KKL UNSA
Aneka Perlombaan Siap Dihelat untuk Meriahkan Dies Natalis UNSA

SUMBAWA – Empat mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar, lulus Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan III Tahun 2023.

Para mahasiswa dimaksud yakni tiga orang dari Program Studi Pendidikan Biologi, masing-masing Marlina Novita dan Elisa Kusumadewi akan mengikuti Program PMM di IKIP Budi Utomo Malang, Jawa Timur. Sementara, Ummy Tsaniyahfauziah ke Universitas Bung Hatta Padang, Sumatera Barat.

Kemudian, satu orang dari Program Studi Pendidikan Fisika atas nama Pipit Hidayat ke Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.

Dekan FKIP UNSA, Erma Suryani, M.Pd., mengucapkan selamat atas raihan ke empat mahasiswa tersebut. Ia mengaku bangga dan mengapresiasi.

“Alhamdulillah 4 orang mahasiswa FKIP lulus program tersebut. Ini merupakan sebuah prestasi. Tadi keberangkatan mereka dilepas secara langsung oleh rektor,” ungkapnya Jumat (15/09/2023) di UNSA.

Menurutnya, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Dijelaskan, Program PMM memiliki tujuan dan manfaat akademik dan non-akademik untuk seluruh pihak yang berpartisipasi, baik mahasiswa dan perguruan tinggi. Antara lain, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan wawasan kebangsaan. Meningkatkan pemahaman mahasiswa pada keberagaman suku, agama, ras, dan antargologan (SARA) dan semangat persatuan.

Kemudian, mengembangkan perjumpaan dan dialog intensif dalam keberagaman dan sikap saling memahami sehingga tercipta penguatan persatuan. Memperluas dan/atau memperdalam pengetahuan akademis mahasiswa.

Selanjutnya, meningkatkan kemampuan PT dalam menyelenggarakan pembelajaran berkualitas dan mengelola program pertukaran mahasiswa. Memberikan gagasan internalisasi atau pengembangan tata kelola program pada PT penerima dan pengirim.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNSA Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd., merasa bangga atas capaian tersebut. Ia selaku rektor sangat mendukung.

Menurutnya, program ini merupakan kesempatan berharga untuk mengembangkan pemahaman lintas budaya, memperluas wawasan akademik, dan memperkaya pengalaman pendidikan mahasiswa.

“Dengan bangga, saya sebagai Rektor Universitas Samawa memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini,” ujarnya.

Ia menegaskan, para mahasiswa ini merupakan duta universitas, diharapkan akan mampu mewakili Universitas dengan baik serta menerapkan nilai-nilai keunggulan akademik dan etika yang telah didapatkan di kampuns tercinta ini.

“Selamat kepada mahasiswa yang telah semangat untuk mengambil bagian dalam program ini dan kami berharap mahasiswa kami akan kembali ke kampus dengan pengalaman berharga yang akan memperkaya ilmu mahasiswa di masa depan.

Pesan kami mahasiswa harus tetap memupuk semangat belajar agar selalu mendapatkan prestasi akademik dan non akademik yang bagus . (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!