HomePolitik

Banggar juga Minta Pemda Maksimalkan Kekayaan SDA sebagai Salah Satu Potensi PAD

Banggar juga Minta Pemda Maksimalkan Kekayaan  SDA sebagai Salah Satu Potensi PAD

Banggar DPRD Minta Pemda Optimalkan PAD dari Pajak hingga Retribusi Parkir
Banggar DPRD Dorong Pemda Lakukan Penataan Kota Sumbawa Besar
Banggar DPRD Sumbawa Sampaikan Laporan terhadap KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024

SUMBAWA-Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumbawa melalui Juru Bicara Adizul Syahabuddin juga meminta Pemerintah Daerah Sumbawa untuk memaksimalkan Potensi Sumber Daya Alam (SDA) sebagai salah satu potensi Pendapatan Daerah (PAD).

Seperti Potensi tambang, Hutan, Potensi Pariwisata, Potensi Perikanan dan Kelautan serta potensi lainnya.

“Adalah peluang yang harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar, jika kita melewatkan kesempatan ini, karena tidak semua daerah memilikinya dan belum tentu kita akan kembali memilikinya,” ujar Adizul Syahabuddin dalam rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sumbawa terhadap Perubahan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah serta Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2023 dan Penyampaian Pendapat Akhir Bupati Sumbawa.

Sehingga, strategi pertama katanya untuk memanfaatkan kesempatan ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia Daerah yang baik dan berkualitas.

Badan Anggaran DPRD juga menaruh perhatian terhadap upaya Pemerintah Daerah menurunkan angka stunting, menaikkan Indeks Pembangunan Manusia, meningkatkan Indeks Pemberdayaan Gender, menyiapkan anggaran Perlindungan sosial, termasuk di dalamnya bantuan khusus penerima bantuan iuran jaminan kesehatan (PBIJK) dan bantuan penataan lingkungan.

Kemudian pada saat yang sama SDM yang telah dipersiapkan harus mendapatkan lapangan kerja untuk menghasilkan produktivitas daerah, agar dapatmengembangkan sektor ekonomi baru yang dapat membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, untuk memberikan nilai tambah yang sebesar-besarnya.

Di sinilah peran sektor ekonomi hijau dan hilirisasi sebagai Window Of Opportunity kita untuk meraih kemajuan, karena Kabupaten Sumbawa sangat kaya sumber daya alam, termasuk bahan mineral, hasil perkebunan, hasil kelautan, serta pertanian. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: