HomeKSB

Bupati Resmikan Rumah Produksi Binaan AMNT

Bupati Resmikan Rumah Produksi Binaan AMNT

Selamat Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa Barat
Pemda KSB Dalami Kedatangan Ratusan WNA Asal Cina
Kadis Kominfo Puji Program PWI Sumbawa Barat

SUMBAWA BARAT, intanmedia.com- Bupati Sumbawa Barat H.W Musyafirin meresmikan rumah produksi gula aren Desa Tongo, Kecamatan Sekonglkang. Rumah produksi gula aren Saling Sakiki program binaan PTAMMAN dikelola 20 orang petani aren Dusun Temang, Desa Tongo sudah mulai memproduksi aren menjadi gula aren dan beragam jenis produk turunan lain dari bahan baku utama aren.

Pada kesempatan saat peresmian rumah produksi gula aren, berharap PTAMNT terus mengembangkan jenis produk lainnya sesuai dengan potensi yang dimiliki sejumlah wilayah di KSB. Ini merupakan langkah maju pengembangan masyarakat. Dan menciptakan, produk lokal unggulan untuk diperkenalkan di pasaran, lokal, nasional hingga manca negara.

Begitu juga, petani aren agar memanfaatkan kesempatan ini untuk jangka panjang mendukung pendapatan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.
Dan upaya yang dilakukan PT. AMMAN Mineral Nusa Tenggara, mampu mengeksplorasi potensi yang ada dalam masyarakat.

Ini katanya, merupakan terobosan baru yang sangat luar biasa, mudah-mudahan ini terus berkelanjutan dengan mengembangkan sektor UMKM lain di KSB.

Sebelumnya Rizani pendamping petani aren saling Sakiki menjelaskan, untuk mewujudkan Rumah Produksi gula aren, terlebih dahulu petani dilatih mengelola arena untuk menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pelatihan cukup panjang, hingga petani benar-benar paham dan mahir mengolah aren hingga menghasilkan 10 produk turunan lainnya, selain gula aren produk utama.

Nilai tambahan lainnya, produk yang dihasilkan sudah mendapatkan legalitas tersertifikasi BPOM Mataram dan merupakan yang pertama di Sumbawa Barat.

Selain itu, rumah produksi saling sakiki terstandarisasi CCPOB.

Sementara Vice President of Social Impact PT. AMMAN Mineral Nusa Tenggara Priyo Pramono, berterima kasih kepada masyarakay Desa Tongo yang sudah bersinergi dengan baik sehingga rumah produksi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas produksi. Juga meningkatkan taraf hidup dan perekonomian dari para petani aren.

Ke depan dalam pengembangan program binaan masyarakat, PTAMNT berupaya mengembangkan produk jenis lainnya dengan kualitas dan standar yang ditetapkan pasar. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!