HomePemerintahan

Penetapan Cakades Sapugara Bree Ditunda

Penetapan Cakades Sapugara Bree Ditunda

DPMD Sumbawa Usulkan Perubahan Perbup Perangkat Desa dan Pilkades
Program Sumbawa Terang Wilayah Kota Terealisasi Sesuai Target
Pertahankan Bebas PMK, Sumbawa Fokus Lakukan KIE dan Bio Security

SUMBAWA BARAT- Draf hasil tes tulis seleksi tambahan dua desa, Desa Mantun Kecamatan Maluk dan Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea diserahkan ke panitia pemilihan Kabupaten oleh tim seleksi tambahan dari Universitas Cardova (Undova) Indonesia yang ditunjuk Panita Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Kabupaten melaksanakan seleksi tambahan tes tulis bagi desa yang lebih dari lima Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades), Kamis (28/9) kemarin.
Selanjutnya draf tersebut ditetapkan dan di SK kan oleh PPKD Kabupaten untuk menetapka lima Calon Kepala Desa (Cakades) berdasarkan perolehan skor nilai tertinggi.
Untuk diketahui tes tulis seleksi tambahan dua desa, dari 16 desa yang melaksanakan Pilkades serentak gelombang ke satu tahun 2022, diikuti 14 peserta. Desa Mantun tujuh Bacalkades dan Desa Sapugara Bree tujuh Bacakades.
Pantuan media ini, saat penyerahan draf hasil seleksi ujian tes tulis, PPKD Kabupaten dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengumumkan draf hasil seleksi tes tulis Desa Mantun untuk selanjutnya diterbitkan SK penetapan lima calon yang akan berkompetensi pada Pilkades tanggal 23 Oktober mendatang.
Sedangkan penetapan Bacakades Desa Sapugara Baree ditetapkan menjadi Cakades untuk sementara, hingga waktu belum ditentukan ditunda penetapannya.
Karena dua Bacakades rangking lima memperoleh skor nilai sama.
”Hingga saat ini kami PPKD Kabupaten, belum menetapkan lima Cakades Desa Sapugara Bree. Namun penetapannya diupayakan beberapa hari ke depan,” jelasnya Kepala DPMD Tajuddin kepada wartawan kemarin.
Sesuai hasil koordinasi dengan para pihak, PPKD Kabupaten sidah ada beberapa opsi yang akan ditempuh penetapan Cakades Desa Sapugara Bree. Diantaranya melakukan tes tulis ulang bagi dua Bacakades yang memperoleh nilai yang sama. Namun, sebelum opsi itu diputuskan, PPKD Kabupaten, terlebih dahulu akan memanggil kedua Bacakades yang bersangkutan. ”Hari ini kita akan panggil kedua Bacakades yang bersamgkutan untuk mengkomunikasikan opsi apa yang akan disepakati nantinya,” katanya.
Intinya, PPKD Kabupaten berupaya segera menetapkan Bacakades Desa Sapugara Bree menjadj Cakades. Sebab jika diulur waktunya, akan berdampak terhadap tahapan dan jadwal Pilkades yang telah ditetapkan. Terutama jadwal Deklarasi Pilkades Damai tanggal 3 Oktober mendatang. Itu wajib diikuti semua Cakades. ”Kemungkinan Deklarasi Pilkades Damai akan diundur setelah penetapan Cakades Desa Sapugara Bree,” pungkasnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0