HomePemerintahan

Pemda KSB Tolak Empat Permohonan Pemanfaatan Ruang

Pemda KSB Tolak Empat Permohonan Pemanfaatan Ruang

Warga Segel Lokasi Tambang, Ternak Warga Mati Disekitar
Peringati HUT ke-76, PGRI KSB Gelar PORSENI
Bomber FC KSB Kalahkan Persisum Dimenit Akhir

SUMBAWA BARAT, intanmedia.com-Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat tolak sejumlah sejumlah permohonan atas rekomendasi kesesuaian pemanfaatan ruang yang diajukan sejumlah pengusaha dan investor.
Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Mujibur Rahman yang dikonfirmasi, membenarkan menolak sekitar empat permohonan atas rekomendasi kesesuaian pemanfaatan ruang. Empat permohonan yang ditolak bergerak sektor pertambangan, retail modern dan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kecamatan Brang Rea.
Alasan Pemda menolak permohonan pembangunan SPBU. Karena, lokasinya berada di lahan persawahan yang dilindungi. ”Penetapan lahan persawahan yang dilindungi itu di lokasi pembangunan SPBU itu, ditetapkan oleh kementerian ATR/BPN. Bukan Pemda Sumbawa Barat,”tegas pejabat muda berkacamata ini
Dengan dasar itu, Pemda Sumbawa Barat tegas menolak permohonan atas rekomendasi kesesuaian pemanfaatan ruang pembangunan SPBU tersebut.
Dikatakan, jikalaupun proses pembangunannya tetap berlangsung saat ini. itu merupakan tangungjawab pemilik. Karena pemerintah dari awal telah mengingatkan, tidak diperbolehkan dimanfaatkan untuk kegiatan yang lain. Selain yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Kementerian ATR/BPN.
”Dalam waktu dekat ini kita akan turun mengecek secara langsung aktifitas pembangunan SPBU yang ditolak Pemda Sumbawa Barat beberapa waktu lalu,” katanya.
Dalam hal ini, Pemda Sumbawa Barat selama ini terus berupaya menata pemanfaatan ruang, sesuai dengan peruntukkan yang ditetapkan pemerintah. Jika ditemukan pelanggaran pemanfaatan ruang, kewajiban pemerintah menegur dan menindak setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggar aturan.
Karena itu dia berharap, kepada para pihak maupun pemodal yang akan berusaha dan ingin atau berencana berinvestasi di KSB, terlebih dahulu teliti memperhatikan lokasi atau lahan yang sesuai dengan pemanfaatan ruang, sebelum menanamkan modalnya di KSB. Karena jika pengajuan atau permohonan ijin, tidak sesuai peruntukan pemanfaatan tata ruang. Pasti ditolak. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: