HomePolitik

Dengar Jawaban Bupati, DPRD Gelar Paripurna III

Dengar Jawaban Bupati, DPRD Gelar Paripurna III

Pansus DPRD Dorong Kelanjutan Pembangunan RSUD Dipercepat
Ketua DPRD Komit Support  Kemajuan Dunia Olahraga  
Pansus DPRD Soroti Fenomena Banjir Wilayah Perkotaan

SUMBAWA- DPRD Sumbawa menggelar Paripurna III, Rabu (28/9/22). Agendanya, ialah mendengar penyampaian Tanggapan dan/atau Jawaban Bupati Sumbawa atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Sumbawa terhadap Rancangan Perda tentang Perubahan atas Perda No. 4 Tahun 2021 tentang APBD Tahun Anggaran 2022.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua II DPRD Sumbawa Nanang Nasiruddin. Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah hadir secara langsung menyampaikan jawaban atau tanggapannya.

Menjawab Pandangan Fraksi PDIP, Bupati menyampaikan, bahwa upaya meningkatkan kapasitas fiskal selalu menjadi perhatian pemerintah daerah dengan harapan keleluasaan pemanfaatan sumber daya dapat lebih ditingkatkan di masa-masa mendatang.

Kemudian, terkait potensi pariwisata yang belum optimal dikembangkan sebelumnya, mulai tahun ini menjadi perhatian bahkan diharapkan menjadi salah satu penggerak ekonomi daerah dengan lebih mengedepankan pemilihan segmen dan branding pariwisata yang
tepat.

“Even MXGP Samota bulan Juni lalu telah menyadarkan kita semua bahwa dengan fokus menggarap salah satu unggulan maka diperoleh dampak pengganda (multiplier effect) yang signifikan. Antusias geliat UMKM yang masih terasa sampai hari ini adalah salah satu contoh,” ungkap dia.

Meski belum signifikan kata bupati, bagian yang dapat ditarik langsung dan dijadikan pendapatan asli daerah, namun pengalaman menggelar even kelas dunia tersebut menjadi pelajaran berharga agar tahun-tahun mendatang Kabupaten Sumbawa selain sebagai tuan rumah, namun harus mampu menarik manfaat fiskal langsung dari kegiatan tersebut.

Disampaikan, pemerintah daerah telah melakukan langkah-langkah yang dimungkinkan sesuai dengan batasan kewenangan yang diberikan oleh regulasi. Ke depan pemerintah daerah sepakat dengan Fraksi PDIP bahwa dengan ketentuan closed list (daftar tertutup) penambahan obyek PAD maka yang perlu dilakukan adalah melakukan optimalisasi sumber yang ada dan secara bersamaan menekan kebocoran atau meningkatkan efisiensi dalam pemungutannya.

Kerjasama dengan Bank BNI dan Kantor Agraria dan Tata Ruang/Kantor Pertanahan Kabuupaten Sumbawa untuk memanfaatkan teknologi dalam pemadupadanan data obyek pajak dan efisiensi sistem pengumpulan pajak daerah akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan sumber PAD yang ada.

Terkait percepatan pembangunan infrastruktur, pemerinntah daerah tetap berupaya melakukan terobosan melalui memperkuat sinergi baik dengan pemrintah pusat, pemerintah provinsi maupun pembiayaan investasi non APBN/APBD (PINA).

Menjawab Pandangan Fraksi Gerindra, Bupati menyampaikan, terhadap pembangunan jalan hotmix menuju kawasan wisata Pulau Bungin, akan menjadi prioritas untuk diusulkan melalui dak bidang jalan tahun yang akan datang.

Kemudian terkait dengan infrastruktur jalan menuju kawasan wisata Marente tetap menjadi perhatian pemerintah daerah sesuai kemampuan keuangan daerah. Pemerintah kabupaten sumbawa akan melaksanakan pengadaan tanahnya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Terkait dengan pembangunan Jembatan Cinta Kecamatan Alas tetap menjadi perhatian pemerintah daerah sesuai dengan prioritas kemampuan keuangan daerah.

Adapun terhadap pembangunan jalan lingkar Utara Alas, telah diusulkan melalui dana APBN tahun anggaran 2023.

“Sejalan dengan pandangan fraksi Gerindra terkait peningkatan jalan Batudulang-Tepal, telah dilakukan sosialisasi yang melibatkan tokoh–tokoh masyarakat sebagai bentuk sinergi dengan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Sedangkan terkait lahan pengganti BBU Sering pengadaannya telah
memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh ketentuan perundangundangan. Dengan demikian diharapkan BBU tersebut dapat berfungsi sesuai harapan.

Terkait dengan pembangunan jembatan limpas Dusun Kayu Madu akan menjadi perhatian sesuai dengan prioritas dan kemampuan keuangan daerah. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: