HomePemerintahan

Pemda Terus Berupaya Tuntaskan STBM

Pemda Terus Berupaya Tuntaskan STBM

Sumbawa Terbaik Penanganan Stunting se-NTB
Ruang Bersalin 12 Puskesmas Direhab Tahun Ini
Hutan Kenali Lenangguar Digarap, Ancaman Longsor di Depan Mata

SUMBAWA- Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyebutkan, berdasarkan data dari dinas kesehatan Kabupaten Sumbawa,dari 24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa,saat ini baru 8 kecamatan yang telah berhasil menuntaskan persoalan dalam 5 Pilar STBM.

Kecamatan dimaksud, yakni, Kecamatan Lape, Kecamatan Lopok, KecamatanMoyo Hilir, KecamatanMoyo Hulu, Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Plampang, Kecamatan Rhee dan Kecamatan Alas Barat.

“Fakta ini tentu harus menjadi perhatian kita bersama,dan kita harus mempunyai target yang jelas dan terukur agar Daerah kita secara keseluruhan benar- benar tuntas dari berbagai persoalan sanitasi,”demikian Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf ahli Bupati Bidang Sumberdaya Aparatur dan Kemasyarakatan, Drs. H. Zaenal Abidin, membuka secara langsung kegiatan STBM, Kamis (28/7/22),Bertempat di Kantor Desa Kelungkung Kecamatan Batulanteh.

Disampaikan, mengenai sanitasi,saat ini merujuk kepada Permenkes Nomor 3 Tahun 2014,tentang sanitasi total berbasis Masyarakat (STBM). Adapun target perubahan perilaku masyarakat melalui Lima Pilar STBM yang ingin dituntaskan yaitu bebas buang air besar sembarangan, uci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, Pengamanan limbah cair rumah tangga, seluruh implementasi untuk menuntaskan Lima Pilar tersebut berfokus pada perubahan perilaku masyarakat kegiatan kegiatan membangun komitmen, kesadaran serta tanggung jawab berbagai elemen masyarakat perlu terus digalakan karena menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan penutasan Lima Pilar tersebut.

Koordinator Yayasan Plan Internasional Indonesia wilayah Nusa Tenggara Barat, Jatmoko menyampaikan, tujuan adanya STBM ini adalah agar masyarakat mempunyai prilaku hidup bersih dan sehat, sehingga masyarakat dapat terhindar dari penyakit yaitu diare, diare disebabkan oleh lalat yang hinggap dikotoran (yang buang air besar sembarangan),kemudian hinggap pada makanan dan minuman itulah penyebab diare. Oleh karena itu di setiap rumah harus ada Toilet/WC dan Air bersih Serta jangan membuang Sampah sembarangan sehingga masyarakat menjadi Sehat dan terhindar dari penyakit diare. (Im)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: