HomePemerintahan

Bupati Komit Optimalisasikan Gerakan Literasi

Bupati Komit Optimalisasikan Gerakan Literasi

Membentuk Generasi Literatif Menuju Sumbawa Gemilang Berkeadaban  
Bupati Kukuhkan Relawan Literasi  
Ragam Upaya Pemerintah Tingkatkan Indeks Literasi Masyarakat  

SUMBAWA- Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullaj menyebut, tantangan terberat dalam meningkatkan budaya literasi, adalah rendahnya minat baca masyarakat.

“Indeks literasi masyarakat di Kabupaten Sumbawa masih berada pada kategori rendah, yaitu hanya 5,17, sehingga membutuhkan berbagai intervensi yang memadai,” ungkap Bupati yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, I Ketut Sumadi Arta, SH., ketika membuka secara resmi “Giat Literasi” di Aula H. Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (6/8).

Giat Literasi merupakan program pendampingan penulisan dan penerbitan buku, yang dinisiasi oleh Asosiasi Guru Agama Islam Indonesia Kabupaten Sumbawa, dan Forum Ilmiah Guru Kabupaten Sumbawa.

Dihadapan peserta yang merupakan para pendidik, Bupati sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, yang dinilai sebagai upaya membangun kualitas sumber daya manusia Kabupaten Sumbawa.

Bupati menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya meningkatkan minat baca pelajar dan masyarakat, salah satunya dengan lebih intens melaksanakan perpustakaan keliling.

“ Bagaimanapun kita tidak boleh abai terhadap teknologi dan informasi,”ujarnya.

Bupati juga menegaskan, bahwa optimalisasi gerakan literasi pada berbagai jenjang pendidikan telah diupayakan, sebagaimana telah diatur dalam Perbup Nomor 33 Tahun 2021, yakni pembiasaan literasi Al Qur’an dan literasi keagamaan bagi penganut agama lain.

Upaya lain yang telah dilaksanakan adalah dengan mewajibkan adanya pojok literasi di setiap kelas, yang berisikan buku – buku ilmu pengetahuan.(IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: