HomePemerintahan

Songsong MXGP, Pemda  Mulai Kurasi Produk UMKM

Songsong MXGP, Pemda  Mulai Kurasi Produk UMKM

Bupati “Jual” Hiu Paus dan MXGP
Waka Ansori Apresiasi Semangat Pemda  Ciptakan Perubahan Lewat MXGP  
Pemda Sosialisasikan MXGP ke Pengusaha dan Palaku Pariwisata

SUMBAWA- Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKMINDAG) mulai melakukan  kurasi terhadap produk UMKM yang akan tampil di MXGP Juni mendatang.
 
“Kami Sekarang sedang proses untuk mengkurasi, jadi semua data UMKM yang ada, kita seleksi.  Sambil menginformasikan apa kekurangan, apa yang dibutuhkan, apa standar yang harus dipenuhi, sambil kita bina. Agar semua bisa memenuhi kelayakan tampil di MXGP,” kata Sekretaris Dinas KUKMINDAG Sumbawa Khaeruddin, S.E.,M.Si. Senin (11/4) di ruang kerjanya.
 
Proses kurasi ini kata dia, menyasar  produk dari 300 UMKM di Kabupaten Sumbawa. Baik produk berupa  kuliner maupun  produk kerajinan tangan (handycraft).
 
Adapun kriteria atau standar penilaian dalam kurasi tersebut, meliputi kualitas produk, kemasan, higienitas, sertifikat halal, kualitas bahan baku serta standar lainnya.
 
Pihaknya, optimistis dapat menghadirkan  produk yang layak secara standar dan cukup secara kebutuhan untuk melayani  30 atau 50 ribu estimasi jumlah penonton.
 
“Jadi Insya Allah kami sangat berusaha untuk memenuhi kriteria dan kebutuhan untuk tamu tanggal 24, 25 , 26 itu. Insya Allah ini kerja keras. Waktu kita kerja kebut. Insya Allah kalau masalah kuliner kami yakin dapat mmemenuhi kebutuhan karena kalaupun misalnya selain lokal yang 300, tentu juga ada binaan-binaan dari provinsi , binaaan instansi vertikal masing-masing,”optimisnya.
 
Sedangkan titik penempatan produk UMKM, selain  di dalam lokasi veneu, juga akan ditempatkan di Taman Mangga, Lapangan Pahlwan dan  Saliper Ate. Dengan asumsi misalnya siang sampai sore tidak semua orang berada di lokasi MXG. Sehingga harus disiapkan titik di dalam Kota Sumbawa. Misalnya  untuk wisata malam disiapkan di Taman Mangga. Kemudian kemungkinan Taman Mangga terlalu sedikit, mungkin dipertimbangkan di Lapangan Pahlawan sampai Saliper Ate.
 
“Dari beberapa tempat yang diinventarisir,  itu masih dalam proses. Ini akan dikristalkan nanti,” pungkasnya.  (IM)
 
 
 
 

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: