HomePemerintahan

Bupati Apresiasi Seluruh Ikhtiar Peningkatan Kapasitas UMKM

Bupati Apresiasi Seluruh Ikhtiar Peningkatan Kapasitas UMKM

Bupati Dukung Penerapan E-BERPADU
Bupati Serahkan Bantuan Ratusan Mesin Ketinting
Ini Klarifikasi Juniardi, Dirut PDAM yang Dipecat Bupati

SUMBAWA- Bupati Sumbawa diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan, Drs. Zainal Abidin, menghadiri acara pembukaan kegiatan DigiXPreneur (Digital Enterpreneur Festival) dengan tema “MXGP dan Masa Depan Pembangunan Ekonomi NTB”, pada hari selasa (7/6), bertempat di Ruang Publik Kreatif (RPK) Universitas Teknologi Sumbawa.
 
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksaan kegiatan ini sebagai salah satu ikhtiar kita bersama dalam rangka meningkatkan kapasitas UMKM dan peran para pelaku usaha. Khususnya menjelang perhelatan MXGP Samota 2022. Serta sebagai ikhtiar kita dalam menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda untuk memiliki mental serta keberanian menjadi seorang wirausahan.
 
Kemudian bahwa saat ini baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah telah menjalankan program gerakan Kewirausahaan Nasional untuk mendorong lebih banyak generasi muda yang tertarik menjalin wirausaha. Hal ini mengingat kondisi ketenagakerjaan terutama tingkat pengangguran terbuka di Negara kita masih relative tinggi.
 
Oleh karena itu katanya, Pemda saat ini  akan merubah pola pikir generasi muda dari mencari kerja menjadi menciptakan lapangan kerja sebagai wirasuara. Dengan ini Pemerintah Daerah melalui UPTD dan Disnakertrans Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan berbagai jenis pelatihan atau bimbingan teknis bagi wirausaha secara gratis.
 
Harapannya agar kegiatan ini bisa menjadi solusi bersama dalam mewujudkan keberhasilan dan kesuksesan Perhelatan Internasional MXGP Samota 2022.
 
 
 Dekan Fakultas Ekonomi UTS, M. Nurjihadi, M.Si, mengatakan, agenda ini pada prinsipnya  diadakan dalam rangka untuk ikut berkontribusi dalam mensukseskan MXGP Samota 2022. Kemudian salah satu aspek yang sering dilupakan dalam perhelatan MXGP ini, bagaimana UMKM ikut terlibat maksimal disini, tidak hanya untuk mensukseskan MXGP tetapi sebaliknya bagaimana MXGP juga bisa mensukseskan UMKM itu sendiri.
 
“Harapan kami ada tidak adanya MXGP, UMKM lokal bisa berkembang menjadi lebih baik lagi dan mengoptimalisasikan peran UMKM serta untuk mencapai semua ini maka kita harus memperbaiki subtansial dari sisi tata kelolaan usaha UMKM dan manajemen keuangannya,”harapannya.
 
Selain itu, pihaknya akan melaunching salah satu produk dari fakultas  yakni program bisnis digital. Orientasinya mengembangkan platform-platform digital melalui aplikasi ini untuk menjadikan solusi di masyarakat, dengan aplikasi tourbook.id masyarakat bisa mendaftarkan rumah atau kamar pribadi yang layak pakai dan nanti masyarakat bisa mengakses dan memesan rumah atau kamar di aplikasi ini.
 
“Inilah salah satu bentuk dukungan kami untuk menghindari kurangnya tempat penginapan khususnya dalam perhelatan internasional MXGP Samota 2022,”ungkap.  (IM)
 
 

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: