HomePemerintahan

Dewan Gerindra Dukung Terbentuknya Kampung Lobster

Dewan Gerindra Dukung Terbentuknya Kampung Lobster

Angka Covid Membaik, Sekda Sumbawa Ingatkan Jangan Abai Prokes
Pohon Tumbang Ganggu Saluran Irigasi di Sumbawa
Jangan Salah Kaprah Soal Program Jagung

SUMBAWA – Upaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa dalam mendukung terbentuknya Kampung Budidaya Lobster sangat serius. Bahkan saat ini pihak DKP telah mengusulkan tiga desa yang akan menjadi pusat budi program Lobster Estate ini. Yakni Desa Pulau Bungin, Desa Pulau Kaung dan Desa Labuhan Burung. Ketiga desa ini direkomendasikan oleh DKP Kabupaten Sumbawa kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi NTB.
Inisiatif DKP Kabupaten Sumbawa ini mendapatkan apresiasi dan dukungan dari anggota dewan Fraksi Partai Gerindra M. Tahir. Dukungan ini bukan semata mata karena wakil rakyat dari Gerindra ini berasal dari Desa Pulau Bungin. Namun pentingnya dukungan ini katanya karena kawasan perairan di tiag desa ini dinilai sangat layak bila melihat potensi yang ada. Misalnya, di Desa Pulau Bungin dan Pulau Kaung, sangat potensial untuk dilakukan pengembangan budidaya lobster yang berkelanjutan. Karena penduduk desa setempat mayoritas nelayan tangkap dan nelayan budidaya.
Hal lain yang sanagat mendukug karena tahun lalu Pulau Bungin dan Pulau Kaung juga telah ditetapkan sebagai pilot project pengembangan budidaya lobster yang berkelanjutan oleh KKP. Bahkan ada 25 kelompok pembudidaya yang mendapatkan bantuan KJA dari KKP.
“ ini artinya potensi sumberdaya alam dan sumber daya manusia di Pulau Sumbawa sudah membuktikan bahwa budidaya lobster bisa dilakukan. Tinggal penguatan infrastruktur nya dalam mendukung para pembudidaya.
“Oleh karena itu saya sangat berharap dan mendorong upaya Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen perikanan budidaya untuk segera menetapkan tiga desa ini sebagai kampung lobster atau lobster estate yang ada di Kabupaten Sumbawa,” tambahnya.
Dia sangat yakin para pelaku budidaya lobster yang ada di desa tersebut bisa berhasil dan mampu bersaing dengan Negara Vietnam. Apabila itu terwujud tidak menutuup kemungkini lobster akan menjadi salah satu produk unggulan baru di Pulau Sumbawa untuk di ekspor ke Hongkong. Terlebih kondisi perairannya juga cukup bagus dan sudah terbukti. Dia mencontohkan banyaknya pembudidaya kerang mutiara yang sukses di wilayah Pulau Bungin dan Pulau Kaung.
“Tentu harapan kita budidaya lobster ini juga bisa berhasil ke depannya. Agar bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat,” katanya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: