HomeKSB

Capaian Pembangunan KSB Diapresiasi Sejumlah Kalangan

Capaian Pembangunan KSB Diapresiasi Sejumlah Kalangan

Jalan Alternatif Senayan-Lamusung Dibangun Tahun ini
20 Tahun KSB Banyak Capaian dan Raih Prestasi
Banyak Pasar Belum Terisi, Ini Penjelasan Kepala Bapenda

SUMBAWA BARAT,intanmedia.com- Tanggal 20 November 2003 Kabupaten Sumbawa Barat terbentuk sebagai daerah otonomi baru di Provinsi NTB. Kabupaten dibagian barat pulau sumbawa, hasil pemekaran dari Kabupaten Sumbawa kini telah berusia remaja.
Ditandai memperingati Hari Lahir (Harla) yang ke 20 tanggal 20 November 2023. Sebagai daerah otonomi baru selama 20 tahun, secara mandiri menata diri melaju mengerjar pembangunan dari Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi NTB.
Hingga di usia 20 tahun 2023, kabupaten yang bermottokan Bari Lema Bariri mampu mengakselerasi dan menata diri hingga mensejajarkan diri capaian pembangunan dari segala aspek dari daerah lain di Provinsi NTB. Tidak terkecuali dengan kabupaten induk. Kabupaten Sumbawa.
Karya dan capaian pembangunan Pemda Sumbawa Barat diapresiasi sejumlah kalqngan maupun inisiator dan tokoh masyarakat yang berjuang mengkawal hingga didevinitifkan KSB sebagai Daerah Otonomi Baru tahun 2003 lalu.
Diantaranya Amir Jawas putra asli KSB yang tinggal di Jakarta ini mengungkapkan, pembentukan KSB melalui proses dan sejarah serta perjuangan intelektual yang cukup panjang. Dan perjuangan masyarakat yang telah bersatu dan bersepakat menyamakan persepsi membentuk daerah otonomi baru Kabupaten Sumbawa Barat, memisahkan diri dari Kabupaten Sumbawa tidak sia-sia. Karena di usia 20 tahun ini berbagai capaian pembangunan telah dicapai oleh KSB. Utamanya pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini tentang kkendali pelayanan kepada masyarakat tidak menjadi kendala. Saat ini tentang kendali pelayanan masyarakat di delapan kecamatan sangat dekat. Selain itu, sejak KSB terbentuk terjadi peningkatan IPM dan tingkat kemiskinan setiap tahun selama 20 tahun mampu ditekan. Selain itu penyedian fasilitas umum maupun sarana publik lainnya setiap tahun meningkat disediakan pemerintah. Ini semua tidak lepas dari kemauan pimpinan daerah yang mengetahui kebutuhan mendasar masyarakat. Dimana katanya 20 tahun 2023 KSB, dipimpin dua Bupati. Dua bupati ini dengan pasangan yang sama selama dua periode menjadi bupati KSB. Pertama KH. Zulkifli Muzadi dengan pasangan H. Mala Rahman (Alm) dan H.W Musyafirin dengan Fud Syaifuddin. Dua pasangan bupati dan wakil bupati ini, telah meletakan dan meningkatkan estapet laju pembangunan dari segala aspek untuk kamajuan masyarakat KSB hingga di kenal ditingkat internasional.
Jika boleh disandingkan capaian pembangunan yang dilakukan Pemda Sumbawa Barat selama 20 tahun, sudah bisa disejajarkan dengan Kabupaten/Kota lainnya yang telah terbentuk jauh sebelum KSB terbentuk. Dengan Kabupaten induk-pun capaian pembangunannya sudah bisa disejajarkan. Bahkan bisa dikatakan beberapa indikator pembangunan melebihi dari Kabupaten induk.
Namun katanya, kkeberhasilan pembangunan yang telah dicapai, tidak bisa dijadikan sebagai perbandingan. Bagaimana ke depan menjadi lebih baik, sesuai dengan tujuan dibentuknya KSB. Ke depan masyarakat KSB sejahtra terpenuhi kebutuhan mendasar. Sehingga SDM meningkat.
Keberhasilan yang dicapai Pemda Sumbawa Barat saat ini. Tidak lepas dari pemimpin kepala daerah Bupati dan wakil bupati. Memimpin dengan hati dan mengerti kebutuhan yang diharapkan masyarakat. Dan secara bertahap dipenuhi.
Intinya sebagai salah satu tokoh yang terlibat sejak ide hingga didevinitifkan pembentukkan Sumbawa Barat oleh pemerintah pusat. Berterimakasih kepada semua pihak. Utamanya dua pasangan bupati dan wakil bupati yang telah memimpin KSB, saat ini hasil perjuangan bersama telah dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat KSB. Dan perjuangan bersama 20 tahun lalu tidak sia-sia.
Yang walaupun katanya, ide awal pembentukan KSB kurang serius. Namun seiring berjalannya waktu. Animo masyarakat semakin kuat. Dengan dasar itu, para inisiator dan tokoh lainya semakin memantapkan memperjuangkan terbentuknya KSB. Dan atas perjuangan itu, dari kurang serius. Setelah 20 tahun hasil perjuangan bersama saat ini sudah dirasakan manfaatnya. Ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat. Dan mudah-mudahan ddukungan masyarakat terus ditingkatkan mengisi dan berkontribusi dalam pembangunan untuk kemajuan pembangunan KSB baik hingga mencapai juara sesuai tagline Harla KSB yang ke 20 tahun 2023 yaitu KSB JUARA. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!