HomeOlahraga

Atlet Taekwondo NTB Asal Sumbawa Listian Irgi Dwiyansyah Raih Medali Perunggu POPNAS

Atlet Taekwondo NTB Asal Sumbawa Listian Irgi Dwiyansyah Raih Medali Perunggu POPNAS

One_rush, Komunitas yang Lahirkan Atlet Berprestasi hingga Cetak Abdi Negara Tangguh
Maksimalkan Pembinaan Atlet Takraw, Ketua Ansori Kembali Support Anggaran dan Sarana
Raih Delapan Medali, Ketua Ansori Beri Bonus Khusus Pada Tim Sepak Takraw Sumbawa

SUMBAWA-Prestasi membanggakan diukir Listian Irgi Dwiyansyah. Atlet Taekwondo Kelahiran Berora 22 Mei 2008 ini sukses meraih medali perunggu pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2023, di Sumatera Selatan.

Siswa kelas X Merdeka 1 SMAN 3 Sumbawa ini, menjadi satu-satunya atlet putra yang berhasil meraih medali mewakili provinsi NTB pada kejuaraan tingkat nasional tersebut.

Anak kedua dari pasangan Purdawansyah, S.E. dan Titen Sumarni ini sangat menggemari olahraga beladiri taekwondo. Tio akrabnya disapa bergabung di Horangi Taekwondo Club sejak tahun 2017. Sebagai salah satu putra terbaik Desa Berora Kecamatan Lopok Sumbawa, terhitung sudah banyak mengikuti kejuaraan dan berhasil meraih medali, diantaranya , pada tahun 2020, kejuaraan Mataram Taekwondo Center Cup V (medali emas). Tahun 2022, kejuaraan wilayah 6 piala gubernur provinsi Bali (medali perunggu). Tahun 2022, kejuaraan taekwondo kualifikasi zona 5 se NTB (medali emas). Tahun 2023, kejuaraan daerah Bima cup 1 (medali emas). Tahun 2023, kejuaraan POPNAS XVI Sumatera Selatan (medali perunggu).Prestasi-prestasi yang sudah dicapai Tio menghantarkannya menjadi atlet Sumbawa dengan peringkat ke 7 se Indonesia.

Ucapan terimaksaih tak terhingga orang tua kepada ketua Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (PENGKAB TI) Sumbawa H. Amranza Zamzami, SE. yang selalu mensuport penuh perkembangan atlet-atlet taekwondo Sumbawa. Tak lupa juga ucapan terimakasih kepada PT.JAVARCO TB yang selama ini selalu memfasilitasi proses pemberangkatan atlet-atlet sumbawa untuk mengikuti ajang-ajang bergengsi tingkat provinsi dan nasional. prestasi yang sudah digapai Tio juga tidak lepas dari tangan dingin sang pelatih (sabeumnim) Seharudin Fitramansyah, S.Pi.

Sabeumnim Seha panggilan akrabnya merupakan pelatih yang sudah tersertifikasi tingkat nasional dengan tingkatan Dan-IV Kukiwon (tingkatan sabuk hitam taekwondo internasional). Selain prestasi yang diperoleh Tio, beberapa waktu yang lalu atlet-atlet yang dibinanya juga berhasil meraih prestasi maksimal dalam kejuaraan nasional taekwondo di Bali.

Sabeumnim Seha dalam mengatakan sebagai pelatih ia berharap dengan latihan keras dan rutin yang dilakukan, ke depannya akan muncul atlet-atlet taekwondo asal Sumbawa yang mampu berkiprah diajang pekan olahraga nasional (PON) dan kejuaraan internasional lainnya.

Prestasi yang sudah diraih Tio juga tidak lepas dari peran sekolah yang sangat mensupport kegiatan ekstrakurikuler siswa siswinya. Sebagai bentuk support SMAN 3 Sumbawa adalah dengan menyediakan tempat latihan taekwondo untuk siswa/siswi dan atlet-atlet Sumbawa lainnya berlatih.

“ Dengan adanya kegiatan positif seperti ini, semoga taekwondo sumbawa kedepannya dapat berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!