HomePemerintahan

Kanakertrans Sumbawa Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Komunitas Al Kahfi

Kanakertrans Sumbawa Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Komunitas Al Kahfi

Menko PMK Apresiasi Kinerja Pemkab Sumbawa Tangani Stunting
Anggaran Kegiatan Rp. 4,11 Miliar DPRD Sumbawa Dipangkas Untuk Vaksin Covid
Ikuti “High Level Meeting”, Bupati Paparkan Upaya Konkret Penanganan Inflasi Daerah

SUMBAWA- Akselerasi pembangunan ketenagakerjaan di Kabupaten Sumbawa saat ini semakin dirasakan adanya peningkatan yang signifikan. Hal ini ditandai dengan adanya peranserta masyarakat dan pemerintah yang berjalan berbarengan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia khususnya para pencari kerja.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Dr.Budi Prasetiyo, S.Sos.,M.AP dalam sambutannya ketika membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) AL Kahfi Sumbawa Selasa (29/11) menyampaikan bahwa Disnakertrans Kabupaten Sumbawa pada prinsipnya tidak bisa bekerja sendiri melainkan secara bersama sama antara LLK, LPKS termasuk dengan BLK Komunitas.
Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa berjanji akan mengendors keberadaan BLK Komunitas khususnya yang berada di Al Kahfi karena BLK ini merupakan yang perdana eksistensi BLKK di Kabupaten Sumbawa. Untuk itu, hal paling utama peran yang dilakukan Disnakertrans adalah penyiapan instruktur yang sesuai standar yang dipersyaratkan oleh BNSP, disamping itu juga meminta kepada bidang teknis (Bidang Pelatihan dan Produktivitas) agar internsif dalam melakukan pendampingan sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam Kerangka Mutu Pelatihan Indonesia (KMPI). Dengan demikian secara kelembagaan seluruh lembaga pelatihan yang ada khususnya BLKK AL Kahfi memiliki standarisasi sebagaimana diatur sesuai regulasi.
Pada akhir sambutan, Kepala Dinas Nakertrans menekankan bahwa semakin banyak pihak yang terlibat dalam upaya peningkatan kompetensi para pencari kerja, akan semakin banyak pula capaian dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja skill yang siap bersaing di pasar kerja. Disamping itu hal fundamental yang juga dipikirkan oleh BLKK seperti ini adalah agar berupaya menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industry, dan melakukan diversifikasi kurikulum pelatihan sesuai kebutuhan dunia kerja.
Kepala BLKK AL Kahfi Sumbawa M. Ingam,S.Pd.,M.M.Inov dalam laporannya menyampaikan bahwa Pelatihan Basic Office ini diikuti oleh 16 orang peserta yang berlangsung dari tanggal 29 November sampai denga tanggal 21 Desember 2022 dengan durasi 180 jam pelatihan. Disampaikan pula bahwa keberadaan BLKK Al Kahfi bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan TIK bagi alumni SMK Al Kahfi Sumbawa dan juga masyarakat agar memiliki kesiapan dalam memasuki pasar kerja. Disamping itu juga dalam rangka menyiapkan SDM yang memiliki keterampilan serta mampu membuka lapangan kerja. BLKK Al Kahfi Sumbawa didirikan pada tanggal 22 Agustus 2022 diresmikan oleh Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi RI tanggal 22 sd 23 Oktober 2022 di Lirboyo Kediri Jawa Timur yang dihadiri oleh seluruh BLK Komunitas se Indonesia.
Hadirnya BLKK Al Kahfi di Kabupaten Sumbawa tidak terlepas dari peranserta Disnakertrans Kabupaten Sumbawa sejak awal pendirian hingga bisa melaksanakan kegiatan perdana saat ini. BLKK Al Kahfi mendapat support dari Kemenakertrans berupa bangunan lengkap dengan fasilitas pelatihan seperti ruang praktik komputer beserta perangkat komputer, dan ruang teori serta ruang untuk instruktur termasuk paket pelatihan Basic office yang saat ini terlaksana. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: