HomePolitik

KPU Sumbawa Ikuti Bimtek Verifikasi Faktual

KPU Sumbawa Ikuti Bimtek Verifikasi Faktual

KPU Sumbawa Gandeng KPU Provinsi Sosialisasi ke kampus STAI NW Sumbawa
KPU Apresiasi Program Pendidikan Politik Pemkab Sumbawa
Semangat Kolektif Pelajar-Mahasiswa Studi Kepemiluan Diapresiasi KPU

SUMBAWA- Ketua, Anggota dan Sekretariat KPU Sumbawa mengikuti secara langsung bimbingan teknis verifikasi faktual (Verfak) yang diadakan oleh KPU provinsi NTB bersama kabupaten/kota lainnya se-NTB.

Verfak yang terselenggara pada tanggal 11 – 14 Oktober Hotel Raja Kuta Mandalika Lombok Tengah tersebut, dilaksanakan oleh KPU NTB dalam rangka persiapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu serentak tahun 2024, yang akan dilaksanakan pada 16 Oktober sampai 4 November tahun 2022 oleh KPU Kab/kota se-NTB secara serentak sesuai jadwal berdasarkan Surat KPU RI nomor 839 dan Keputusan KPU RI Nomor 384 tahun 2022.

Ketua KPU NTB, Suhardi Soud menyampaika pada kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa KPU Kab/kota harus menjaga semangat kerja, kerja nyata dan kerja berintegritas.

“ Karena KPU bekerja tidak untuk kepentingan lain selain kepentingan kita bersama sebagaimana amanat negara dalam tugas dan fungsi kita selaku penyelenggara pemilu,” tegasnya.

Anggota KPU RI Idham Kholik menyampaikan, bahwa KPU dalam bekerja harus secara kolektif kolegial.

“Kolaborasi kita memudahkan kita melangkah lebih pasti ke depan, bagaimana pemilu serentak 2024 berjalan sesuai aturan, KPU Kab/kota dalam verifikasi faktual nanti pasti berjalan sesuai jadwal, sesuai aturan teknis,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota KPU NTB Zuriati menyampaikan apresiasi atas kerja KPU Kab/kota pada masa verifikasi administrasi.
“Sekarang kita hadapi tahap verifikasi faktual, bimtek ini bertujuan untuk mempersiapkan apa yang harus kita persiapkan, seperti pemahaman teknis kerja, manajemen kerja, alat kerja dan tim kerja dalam verifikasi faktual nanti,” jelasnya.

Zuriati menambahkan, Verifikasi faktual bagian dari proses pemenuhan persyaratan partai politik calon peserta pemilu serentak tahun 2024. Sehingga, KPU turun lapangan meneliti dan mencocokan terhadap kebenaran dokumen persyaratan pengurus, anggota, keterwakilan perempuan dan kantor sekretariat partai politik calon peserta pemilu.

“Mari teman-teman KPU Kab/kota sama-sama kita sukseskan tanggung jawab kita dengan integritas tinggi,”imbuhnya. (IM)

.

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: