HomeSumbawa

Pilkades PAW di Sumbawa Berjalan Lancar

Pilkades PAW di Sumbawa Berjalan Lancar

Duka Cita Redaksi intanmedia.com
Tambah Ketersediaan Stok Darah, DPC PDI Perjuangan Sumbawa Siap Bantu PMI
Informasi Pemadaman Listrik Terencana Senin, 28 Juni 2021

SUMBAWA – Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu dan Desa Kalabeso Kecamatan Buer kini memiliki kepala desa baru. Hal tersebut setelah Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pemilihan Antar Waktu (PAW) yang dilaksanakan di dua desa tersebut, pada Senin (12/9/22).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintah Desa, Anhuyas S.STP., M.Si kepada wartawan.

Ucas-akrabnya disapa mengatakan, Pilkades PAW ini digelar karena pejabat Kepala Desa Pernek sebelumnya Saguni dan Kepala Desa Kalabeso Syarafuddin, A.Md meninggal dunia.
“Alhamdulillah Pilkades PAW yang dilaksanakan di Desa Pernek dan Desa Kalabeso berjalan lancar,” ujarnya.
Diungkapkannya, adapun Kades Pernek terpilih yaitu Abdul Majid dengan perolehan 115 suara. Sementara diurutan kedua Sapriadi meraih 97 suara. Total ada 213 pemilih dengan 1 suara batal.

Untuk Kades Kalabeso terpilih yakni Sirajudin dengan memperoleh 86 suara. Disusul oleh Herman pada urutan kedua dengan 54 suara dan Lutfi Ali dengan 19 suara diposis ketiga. Total ada 169 hak pilih di Pilkades Kalabeso dengan 6 suara tidak sah atau suara batal dan 4 orang tidak memberikan suara.
“Untuk pemilihnya merupakan keterwakilan dari para tokoh yang ada di desa setempat. Contohnya seperti tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, perempuan, pengerajin, Tokoh agama dan lain sebagainya,” terang Ucas.

Dijelaskannya, setelah pelaksanaan pemilihan Pilkades ini akan dilanjutkan dengan penetapan atau pengesahan Kades terpilih melalui musyawarah desa oleh BPD. Kemudian pelaporan hasil pemilihan oleh panitia kepada BPD, dan BPD akan menyampaikan kepada Bupati Sumbawa. Setelah itu penerbitan surat keputusan (SK) oleh Bupati Sumbawa dan dilanjutkan pelantikan Kades terpilih.
“Pengesahan dan pelantikan oleh Bupati Sumbawa dijadwalkan 16 sampai 27 November 2022. Kades terpilih aktif bekerja setelah dilakukannya pelantikan ini,” pungkasnya. (IM*)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: