HomePemerintahan

Pemda Atensi Keamanan Pangan

Pemda Atensi Keamanan Pangan

Pemda Tidak Paham Penganggaran ? Jalan Kabupaten Tanpa Pemeliharaan Rutin
Waka Ansori Apresiasi Semangat Pemda  Ciptakan Perubahan Lewat MXGP  
Pemda Sumbawa Siapkan Rp 2 Miliar untuk Beasiswa  

SUMBAWA – Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd., memberikan atensi soal keamanan pangan. Karena menurutnya, salah satu penyebab penyakit pada masyarakat adalah kurang terjaminnya keamanan pangan yang dikonsumsi.

Ia menyebut, 5 Kunci Keamanan Pangan untuk Keluarga adalah prinsip dasar untuk penerapan keamanan pangan yang dapat digunakan untuk tindakan pencegahan keracunan pangan. Yaitu beli pangan yang aman, simpan pangan secara aman, siapkan pangan secara seksama, sajikan pangan secara aman, dan bersih selalu.

Selain itu, dia menyarankan jika membeli pangan perhatikan Kondisi penjualnya apakah sudah bersih, tidak sakit, tidak merokok, tempat (lokasi) pembelian apakah sudah bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah, serta beli secukupnya sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan kapasitas tempat penyimpanan di rumah.

Hal itu disampaikan Wabup ketika menghadiri Kegiatan Pertemuan Komunikasi Informasi Dan Edukasi (KIE) Pangan dan Obat, dengan tema “Generasi Cerdas Menuju Sumbawa Sehat”, Kamis (18/8), di Aula Hotel Dewi Sumbawa. dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa beserta seluruh Jajaran, Para Narasumber dan Peserta KIE.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa, Junaedi, S.Si.,M.Si.,A.Pt., menyampaikan keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan tiga cemaran. Yaitu cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia. Serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya, Lansia juga menjadi bagian penting yang harus ditingkatkan peranannya mengingat budaya lokal, kadang di beberapa lansia ikut berperan mengasuh cucu-cucu dan menjadi bagian yang menyiapkan dan memberikan makanan dan minuman bagi generasi bangsa, dikarenakan orang tua yang bekerja.

Program Nasional Stunting menjadi model yang diharapkan dalam penuntasan kasus Gizi di Indonesia yang mendapat perhatian serius oleh pemerintah dalam mewujudkan generasi yang tumbuh kembang dengan baik. Berikutnya, tujuannya dari kegiatan ini, yakni untuk memberikan pemahaman cara pengelolaan pangan yang baik dan meningkatkan pemahaman Lansia menjaga keamanan pangan. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: