HomeOpini

PENTINGNYA MEMEPELAJARI PESIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI CALON GURU

PENTINGNYA MEMEPELAJARI PESIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI CALON GURU

Strategi APBD Menghadapi Peluang dan Tantangan Dalam Pembangunan Daerah Sumbawa Barat
PENTINGNYA SOP KESELAMATAN, KESEHATAN,KERJA (K3) SAAT PROSES WELDING/PENGELASAN DI SARA DAN PRASARANA SUATU INSTANSI
PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH YANG BERSUMBER DARI PENGHASILAN ASN KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Penulis : Mukhlis Malik & Rosita
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Mataram

Sering kita jumpai di dalam lembaga sekolah khususnya didalam kelas sikap. Kepribadian serta tingkah laku yang berbeda dari setiap siswa, ada yang pendiam, ada yang mudah bergaul dengan teman sebayanya, ada yang sangat aktif bahkan ada yang tidak bisa mengontrol emosi dan mudah marah, hal ini biasanya sering kita sebut dengan kepribadian temperamen. Hal ini pastinya sangat menentukan keberhasilan pembelajaran, anak yang pendiam akan sangat sulit untuk menerima pembelajaran, anak yang aktif tentu akan mudah dalam menerima pembelajaran, sedangkan anak yang temperamen akan cukup sulit untuk disatukan dengan teman-temannya dalam pembelajaran. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri dari seorang guru untuk bisa mengendalikan dan menentramkan kelasnya, sehingga pembelajaran akan lebih nyaman dan mudah diterima oleh siswa, karena profesi seorang guru bukan hanya untuk menjadikan penerus bangsa yang cerdas akan tetapi berbudi pekerti yang mulia.
Kita semua tau bahwa menjalani profesi sebagai seorang guru bukanlah hal yang mudah seperti yang dianggap oleh sebagian orang, nyatanya seorang guru selain harus bisa menyampaikan materi dengan baik guru juga harus bisa memahami tingkah laku dan kepribadian masing-masing siswa yang diajar olehnya. Disinilah dibutuhkan ilmu psikologi dalam memahami sikap, tingkah laku serta kepribadian siswa.
Ilmu psikologi pendidikan adalah suatu ilmu yang sangat penting harus dikuasai oleh seorang guru sebagai pendidik dan pengajar. Sebagai pendidik, guru dituntut untuk memahami tentang berbagai aspek perilaku peserta didik sehingga dapat menjalankan tugas dan peranannya.Pendidikan memang tidak bisa dilepasakan dari psikologi. Pengetahuan psikologi tentang peserta didik menjadi hal yang sangat penting dalam pendidikan. oleh karena itu, mengusai pengetahuan tentang psikologi sudah seharusnya menjadi kebutuhan bagi para calon guru.
Psikologi pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang sangat penting dan harus dimiliki oleh guru atau seorang pendidik agar dapat membantunya dalam memahami tingkah laku belajar anak didiknya guna untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi serta memberikan penjelasan bahwa siswanya sedang dalam kondisi belajar yang baik atau tidak. Namun pada prinsipnya psikologi pendidikan merupakan alat yang penting untuk memahami tingkah laku belajar anak. Psikologi pendidikan ini sebagai alat bagi guru untuk mengendalikan dirinya, dan juga memberi bantuan belajar kepada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran guna untuk mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri.
Belajar psikologi pendidikan berarti belajar tentang aspek psikologis siswa, sehingga calon guru memiliki bekal dasar dalam melaksanakan teknik pembelajaran yang efektif diterapkan dalam keadaan karakteristik siswa tertentu. Teknik pembelajaran juga menyangkut strategi dalam pembelajaran yang disampaikan apakah dapat dimengerti oleh siswa dengan baik atau tidak. Pada proses mendidik seorang guru memiliki tantangan dalam menilai perbedaan karakteristik setiap siswanya, sehingga diharapkan memiliki penilaian yang baik dalam membedakan karakteristik siswanya. Dalam psikologi pendidikan seorang calon guru akan mengetahui seluk beluk perbedaan karakter siswa dalam belajar dan cara mengatasi setiap perbedaan karakter tersebut, sehingga dengan mempelajari psikologi pendidikan yang baik calon guru mengetahui betul perbedaan karakter siswa dan tidak bingung dalam menghadapinya.
Guru dengan pemahaman psikologi pendidikan yang memadai akan dapat menciptakan iklim sosio-emosional yang kondusif di dalam kelas, sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Pemahaman calaon guru tentang psikologi pendidikan memungkinkan untuk terwujudnya interaksi dengan siswa secara lebih bijak, penuh empati dan menjadi sosok yang menyenangkan di hadapan siswanya.
Mempelajari psikologi pendidikan bagi calon guru yang tak kalah penting yaitu konseling atau bimbingan. Pada psikologi pendidikan banyak sekali dibahas tentang permasalahan yang berkaitan dengan perkembangan manusia. Sehingga seorang calon guru bukan hanya bisa mengajarkan materi pelajaran dalam kelas, tetapi juga bisa memberikan pengarahan atau bimbingan kepada siswa yang membutuhkan terkait masalah akademik. Selain bisa memberikan solusi terhadap siswa yang memiliki masalah akademik, seorang calon guru juga dapat menjalin keterikatan sosial dengan siswa, selanjutnya bisa menciptakan suasana positif dalam kegiatan pembelajaran.

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: