HomePemerintahan

Pemda Intens Sosialisasikan Layanan PILPA di Desa Sasaran

Pemda Intens Sosialisasikan Layanan PILPA di Desa Sasaran

Rakornas Samsat, Jasa Raharja Dukung Digitalisasi Samsat
Garam Tarano dan Garam Utan Uji SNI
Copot Hartono, Jika tidak PWI dan IJTI Boikot Kegiatan Pemda

SUMBAWA- Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus mensosialisasikaPusat Layanan Integrasi Perlindungan Anak (PILPA) melalui Kearifan Lokal “Boat Desa Pedi Tode”  Tahun 2022 di desa sasaran. Salah satunya,  di Desa Klungkung Kecamatan Batu Lanteh , Rabu (29/6).

Pada kesempatan tersebut Ketua LPA Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Sumbawa M.Ikraman menyampaikan, program PILPA ini merupakan kerja sama dengan  UNICEF program ini bertujuan untuk membuat Lingkungan Aman dan Ramah Anak di Kabupaten Sumbawa.
Di samping itu ia menyampakan kata “pedi ” tidak diartikan ke arah kata”kasihan “karena kata kata tersebut lebih mengartikan ke kata”nanta’sedangkan kata pedi lebih mengarah ke demi kepentingan anak  dan lebih memberi perlindungan di dalam masa depanya,dalam konsep’ na beri lamen no mu,untuk kegiatan PILPA ditahun 2023 yang akan datang  wilayahnya akan ditambah.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Sumbawa yang di wakili oleh Staf Ahli Drs. Zainal Abidin menyampaikan,  rangka mengembangkan dan  mensosialisasikan PILPA di Kabupaten Sumbawa,pelayanan kesejahteraan  sosial Anak integratif yang dilaksanakan dengan kearifan lokal “Boat Desa Pedi Tode “ini, dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi Masyarakat,patisipasi Kelurahan/Desa,memaksimalkan Sumber daya Daerah dan menguatkan kersama lintas Sektor dalam menyebarluaskan informasi tentang PILPA serta demi mewujudkan pemenuhan ha hak Anak dengan lebih Cepat,mudah dan efisien melalui pendekatan kolaborasi yang integratif.

Oleh karena itu,dengan adanya layanan PILPA ini,diharapkan anak -anak dengan kerentanan tinggi dan sedang dapat terlayani secara terintegrasi pada layanan PILPA di Desa Desa Sasaran. Selain itu dapat meningkatkan keterlibatan aktif Pemerintah Desa dalam pedataan,penyelesaian dan penanganan kerentanan Anak serta meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam mendorong kebijakan dan penganggaran pelaksanaan PILPA di tingkat Desa

“Kita berharap dengan diimplementasikannya program PILPA “BOAT DEAS PEDI TODE “ini di 5 Desa sasaran (Penyaring,Klungkung,Pelat,Badas dan Sebasang) dapat mendekatkan pelayanan kesejahteraan sosial anak secara integratif kepada Masyarakat,meringankan biaya serta memangkas alur Biokrasi kepengurusan admistrasi layanan,”tutupnya

Dalam sambutan Camat Batulanteh Adiman S.STP mengatakan anak adalah  titipan Tuhan kepada kita yang harus di jaga serta di beri Kasih Sayang sepenuhnya ,oleh karena itu sebagai orang tua harus selalu memerhatikan pendidikannya dan tumbuh kembang anak tersebut. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: