HomePemerintahan

Majukan Peternakan, Pengadaan Ternak Kambing Capai 30 Persen

Majukan Peternakan, Pengadaan Ternak Kambing Capai 30 Persen

Bupati Dorong Optimalisasi Sosialisasi Bahaya Narkoba
Didampingi Bupati dan Wakil Bupati, Mensos Evaluasi Penyaluran Bansos di Sumbawa
Bupati Ingatkan ASN tak Pakai LPG 3 Kg

SUMBAWA-Sebanyak 933 ekor sapi dan 545 ekor kambing diadakan oleh Pemkab Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Diskeswan) di Tahun 2022 ini. Dari jumlah ternak tersebut, sekitar 30 persen untuk pengadaan kambing sudah direalisasikan ke kelompok penerima.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Keswan Kabupaten Sumbawa, H. Junaidi S.Pt kepada wartawan, Selasa ( 21/6/22).

“Kalau kambing sudah 30 persen,” ujarnya.

Sementara untuk pengadaan ternak sapi, tambahnya, saat ini masih dalam proses lelang di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sumbawa.

“Kalau sapi masih tender, semoga segera ada pemenang,” terangnya.

Dijelaskannya, pengadaan ternak kambing ini dijadwalkan selama 120 hari atau hingga September mendatang. Adapun kendala yang dialami yaitu adanya Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada ternak, sehingga pihaknya mensyaratkan kepada pemenang tender untuk mengambil ternak lokal. Mengingat PMK belum ditemukan di Pulau Sumbawa.

“Untuk sementara karena dengan ada PMK kita syaratkan kambing lokal. Sekarang bersaing dengan Idul Adha, walaupun bukan jenis yang sama karena tipikal masyarakat kita kalau sudah jual yang jantan tidak mau jual yang betina mungkin itu kendalanya. Karena kita persyaratkan itu harus kambing lokal dari Sumbawa. Karena dengan adanya PMK, dari jawa tidak bisa, dari lombpk tidak bisa,” pungkasnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: