HomePemerintahan

Wabup Paparkan Kesiapan  MXGP Samota 2022  

Wabup Paparkan Kesiapan  MXGP Samota 2022  

Songsong MXGP, Pemda  Mulai Kurasi Produk UMKM
Konflik Lahan MXGP Berlanjut, Pihak Abdul Aziz Tarik Dukungan
Antisipasi Kekurangan Akomodasi,  Ini yang Disiapkan Pemda

SUMBAWA- Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd, dalam acara Gemilang “Road to MXGP Samota 2022” memaparkan secara rinci bentuk kesiapan  Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam menyukseskan event internasional MXGP Samota 2022.

Bentik kesiapan dimaksud papar Wabup, seperti  mempersiapkan tempat even berlangsung, mempersiapkan sarana prasarana, menyiapkan even pendukung, menyiapkan pelaku ekonomi, serta mendorong berbagai kreativitas dan inovasi untuk memviralkan Kabupaten Sumbawa.

Lebih teknis, Wabup menjelaskan beberapa upaya yang telah dan sedang dilakukan Pemkab Sumbawa jelang MXGP Samota, di antaranya mempersiapkan lahan venue MXGP di lahan perbukitan teletabis Samota, melakukan sosialisasi ke pelaku usaha akomodasi, transportasi, wisata dan UMKM, menyiapkan data dukung persyaratan penyelenggaraan, serta memfasilitasi survey tim teknis dari penyelenggara MXGP Pusat dan Provinsi.

Selain itu, Pemkab Sumbawa juga tengah menyiapkan fasilitas kedatangan tamu melalui Bandara, Pelabuhan Badas, Terminal Sumer Payung dan Pool Station, termasuk menyiapkan infrastruktur pendukung lainnya  seperti jaringan internet, listrik, air bersih, lokasi parkir, tempat sampah, sanitasi dan camping ground.

Dalam acara yang berlangsung pada Rabu (30/3) di Halaman Istana Dalam Loka Sumbawa itu, Wabup juga menyampaika  perihal pelaksanaan even wisata pendukung sebelum dan sesudah MXMXGP.Termasuk menyiapkan UMKM, akomodasi, restoran, content creator, pelaku wisata, dan homestay. Bahkan pihaknya juga telah menyiapkan tenaga kerja lokal yang akan terlibat secara langsung dalam acara seperti marshal dan petugas admin. Selain itu, Pemkab Sumbawa juga telah melakukan kickoff pengibaran bendera 20 negara peserta MXGP di Kantor Bupati dan lokasi venue Samota.

Di akhir paparannya, Wabup memberikan closing statement bahwa diskusi dan masukan-masukan pada hari ini akan menjadi catatan khusus Pemkab Sumbawa dalam rangka memaksimalkan persiapan dan pelaksanaan MXGP nantinya.

“Memang untuk memuaskan semua pihak tidak mudah,  namun dengan niatan dan kerja bersama, Insya Allah apa yg menjadi tantangan dalam pelaksanaan MXGP akan bisa kita selesaikan” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Drs. Muhammad Ansori, dalam paparannya menyebutkan dirinya sebagai wakil rakyat percaya bahwa eksekutif selaku pelaksana akan melaksanakan kegiatan MXGP ini dengan sebaik-baiknya. Bahkan dirinya siap menyetujui apapun anggarannya demi suksesnya MXGP, yang diharapkan dapat mengangkat nama baik Sumbawa serta membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pasca pandemi.

Kapolres Sumbawa, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK, dalam paparannya lebih menekankan pada upaya dan ikhtiar yang harus dipersiapkan, bukan semata-mata pada apa yang akan didapatkan dari pelaksanaan MXGP. Menurutnya, untuk mendapatkan benefit dari MXGP, perlu dilakukan berbagai upaya, salah satu upaya yang paling utama adalah menjaga kamtibmas, karena sebuah event tidak akan mungkin dilakukan di suatu daerah apabila di daerah tersebut terjadi gangguan kamtibmas. Karena itu, pihaknya akan terus memback-up Pemkab Sumbawa melalui penjagaan kamtibmas demi suksesnya MXGP Samota 2022. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: