HomePemerintahan

Siapkan Tenaga Kerja Berkompetensi, Sumbawa Kerjasama dengan LPKS

Siapkan Tenaga Kerja Berkompetensi, Sumbawa Kerjasama dengan LPKS

Disnakertrans: Pemerintah Sudah Siapkan 10 Ribu Tenaga Kerja Terlatih
Bentuk SDM Berkompetensi, Disnakertrans Gelar PBK
Disnakeswan Sigap, Lalu Lintas Ternak di Sumbawa Sudah Normal

SUMBAWA – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus bersinergi dengan semua pihak, dalam upaya menghadirkan tenaga kerja  berkomptensi. Salah satunya Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS).
 
“Dalam startegi pengembangan kompetensi tenaga kerja, kita lakukan yang pertama coba lakukan kolaborasi sinergitas dengan semua pihak salah satunya dengan LPKS yang memang berdasarkan regulasi menjadi mitra strategis dalam penyiapan tenaga kerja berkopentensi,” kata Kepala Disnakertrans Sumbawa, Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos., MAP., kepada wartawan, Senin (21/03/2022) di ruang kerjanya.
Disebutkan, saat ini di Kabupaten Sumbawa terdapat 28 LPKS yang aktif, dari jumlah tersebut, baru 4 atau 14,29 persen yang terakreditasi.
Lanjutnya, LPKS yang ada saat ini bergerak diberbagai sektor, diantaranya, pertambangan, pariwisata, hingga persiapan untuk Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).
“Tiga isu itu yang paling dominan di Kabupetan Sumbawa,” ungkapnya.
Sementara terhadap LPKS yang masih belum terakreditas lanjutnya, pihaknya melakukan program percepatan melalui pedampingan akreditasi sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) 17 tahun 2016.
Menurutnya, penting LPKS terakreditasi, sebab, menjadi peryaratan menjalankan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dari Kementerian Tenaga Kerja.
“Alahmdulillah itulah upaya kita dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten,” ujarnya.
Selian menyiapkan lembanga pelatihan tambahnya, pihaknya akan membangun kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang nantinya akan menampung pekerja yang sudah dinyatakan berkomten.
“Alhamdulillah, ini juga kita coba lakukan kerja sama dengan perusahan yang akan menampung di mana mereka di keluarkan dari LPKS. Ini sudah kita lakukan dalam waktu 1 bulan ini,” pungkanya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!