HomePemerintahan

Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik  

Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik  

Kangen Band, Changcuters, ST12 dan Via Valen akan Meriahkan MXGP Samota 2023
Bupati : Perhelatan MXGP yang Kedua ini Harus Sukses
Sambut Tamu Daerah, Bupati Ceritakan Kesuksesan MXGP Samota

SUMBAWA –  Kabupaten Sumbawa,  resmi didaulat sebagai tuan rumah penyelenggaraan    MotoCross Grand Prix (MXGP). Event internasional ini  dijadwalkan tanggal 26 Juni 2022 mendatang  di Kawasan Samota.
 
Menyusul kepastian tersebut,  Bupati Sumbawa langsung memimpin rapat koordinasi dengan semua pimpinan OPD terkait di ruang rapat H.Hasan Usman Lantai I Kantor Bupati.
 
Dalam arahannya, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah meminta atensi dan mengharapkan kesiapan dari semua pimpinan OPD untuk menyukseskan kegiatan MXGP tersebut. Lebih lanjut, Bupati Sumbawa juga menyampaikan tugas dari masing-masing OPD sebagai rencana kerja awal pemerintah daerah dalam melakukan persiapan event MXGP tersebut. Sehingga akan jelas nantinya
“Siapa akan mengerjakan apa dan siapa yang akan mempertanggungjawabkan apa,” pintanya.
 
Pada rapat koordinasi tersebut ada hal-hal yang menjadi penekanan Bupati Sumbawa diantaranya percepatan capaian vaksinasi booster minal mencapai 70 % sampai Bulan Mei mendatang. Kemudian pembenahan akses jalan pintu masuk sepanjang jalan nasional dari wilayah barat sampai timur, pembenahan wilayah dalam kota Sumbawa Besar dan persiapan desa-desa sekitar.
 
Meneruskan penjelasan bupati, Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa event ini merupakan momentum kebangkitan bersama dalam mempromosikan Sumbawa.
“Ini momen untuk mempromosikan daerah kita, sehingga persiapan yang kita lakukan harus maksimal. Terutama pembenahan di Kawasan Samota seperti Pulau Moyo dan sekitarnya harus menjadi perhatian kita bersama,”Jelasnya.
 
 
Ditambahkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumbawa  Lalu Suharmaji, M.T. pemda akan segera menyiapkan semua sarana dan prasarana. Seperti hotel, bandara, pelabuhan, jalur darat, kesiapan akomodasi dan ketersediaan hunian.
 
“Dari data yang kita berikan kepada tim, yang harus di perhatikan adalah akomodasi dan transportasi,” jelasnya.
 
Khusus untuk transportasi udara, lanjutnya, akan mengoptimalkan runway, apron dan taksi way Bandara Sumbawa. Karena akan difokuskan untuk pengangkutan logistik.
 
“Untuk transporatsi laut, sudah mengupayakan penyeberangan kapal cepat dari Pelabuhan Badas ke Pelabuhan Kayangan. Pelabuhan Badas juga sudah bisa menerima kiriman logistik dari pelabuhan di Surabaya dan Gili Mas di Lombok. Mengingat, kriteria yang dibutuhkan sudah dimiliki oleh Pelabuhan Badas,” tandasnya.
 
Sementara untuk rumah sakit dan kendaraan operasional, sudah dikoordinasikan dengan Dishub NTB. Nantinya, akan dibantu dengan kendaraan yang sudah digunakan dalam kegiatan WSBK dan Motor GP.
 
“Ajang MXGP ini akan berdampak terhadap berbegai sektor salah satunya sektor pariwisata dan ekonomi. Semua produk UMKM nantinya akan ikut dipasarkan saat ajang MXGP di Samota,” terangnya.
 
Untuk diketahui, ada 21 race MXGP yang digelar di seluruh dunia. Diawali pada 20 Februari lalu di Inggris tepatnya Matterley Basin, kemudian Mantova–Itali (6 Maret), Villa La Angostura–Argentina (20 Maret), Agueda—Portugal (3 April), Pietramurata—Itali (10 April), Kegums—Latvia (24 April), Orlyonok—MFR (1 Mei), Riola Sardo—Itali (15 Mei), Intu Xanadu-Arroyomolinos Spanyol (29 Mei).
 
Kemudian, Ernee’—Prancis (5 Juni), Teutschenthal (Jerman), dan Samota Sumbawa-Indomesia (26 Juni). Setelah Samota, para pembalap beranjak ke Jakarta—Indonesia pada 3 Juli 2022. Selanjutnya Cechnia, Belgia, Swedia, Finlandia, Prancis, Turki, TBA dan terakhir di Redbud Amerika pada 25 September 2022. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!