HomeEkbis

Majukan UMKM Lokal, BRI Bantu Pasarkan Produk

Majukan UMKM Lokal, BRI Bantu Pasarkan Produk

Runway Bandara Mau Ditebalkan, Anggarannya ?
Ayo Top Up Dana di BRI Bulan Ini, Bisa Dapat Sepeda Motor
Dengan KUR, Pengusaha Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

* Buka BRI Digital Corner di Kantor Cabang
SUMBAWA-BRI Cabang Sumbawa kembali membuat tribisan untuk membantu pengembangan UMKM di Kabupaten Sumbawa. Selain terdepan dalam membatu modal usaha para UMKM, BRI Cabang Sumbawa kini bahkan menjadi marketing sejumlah produk UMKM lokal Sumbawa. Bukti keseriusannya, mulai Senin pagi (13/12) BRI Cabang Sumbawa membuka BRI Digital Corner.
Hadir pada acara launching itu dari Regional Micro Banking Head RO Denpasar, Arif Hartoyo. Tidak ketinggalan para pelaku UMKM. Ada juga camat Moyo Utara, Adrian yang selama ini dikenal dekat bahkan menjadi motivator para pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa.
Dalam stand yang ditempatkan disebelah barat kantor BRI Cabang Sumbawa itu, berbagai produk UMKM lokal tersedia. Total saat ini ada 21 produk yang ada. Mulai dari madu berbagai jenis, termasuk trigona. Bahkan ada yang dijual lengkap dengan sarangnya. Ada susu kuda liar, kopi, minhe, minyak Sumbawa, permen susu, poteng, kunyit, abon daging, manjareal hingga aneka tas pesta hasil kerajinan dengan motif khas Sumbawa.
Program BRI BRI Corner ini sebenarnya merupakan pengembangan dari program Semakin Laris Aja (Selasa) UMKM yang baru diterapkan selama dua bulan terakhir. Selasa UMKM ini awalnya dibuka setiap hari Selasa setiap minggunya. Namun melihat antusias masyarakat, BRI mengembangkan menjadi BRI Digital Corner. Di BRI Digital Corner ini, pihak BRI langsung yang membatu pemasaran melalui koperasi karyawan BRI. Jadi para para pemilik produk tidak lagi berjualan sendiri. Nanti hasil penjualan akan terkirim langsng ke rekening masing masuk pemilik produk. Karena proses transaksinya tidak lagi menggunakan uang tunai. Prosesnya sangat gampang, setiap yang membeli hanya cukup melakukan scan barcode yang sudah tersedia di stand.

“Mulai hari ini kita buka dan akan berlanjut terus. Ini baru tahap awal. Kalau ada lagi produk UMKM lainnya kami siap tampung dan bantu pasarkan,” kata Pinca BRI Sumbawa, Abdul Aziz Setiawan, kemarin.

Katanya, apa yang dilakukan BRI saat ini sebagai bagian dari komitmen BRI Cabang Sumbawa untuk terus mengembangkan UMKM lokal yang ada. Karena pada dasarnya, perbankan tidak terkecuali BRI, selain fungsi ekonomi, juga harus bisa menjadi agent of development.

“Komitmen BRI, selain mendekatkan yang belum terjangkau dan melayani yang belum terlayani, kami juga berkomitmen membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menjadi penyuluh digital seperti ini adalah salah satu upayanya,” tambah Pinca.

Ketua forum UMKM Sumbawa, Abdul Walid menyampaikan terimakasih kepada pihak BRI. Apa yang dilakukan BRI saat ini dipastikan sangat membatu para pelaku UMKM. Bukan hanya dalam memperkenalkan produknya, namun juga dalam pemasaran digital. Dia berharap, ke depan program ini terus dikembangkan. Bahkan BRI Digital Corner ini bisa dihadirkan disetiap unit BRI.
“Terimakasih kepada BRI. Ini luar biasa. Dan kami sangat terbantu. Kami yakin hasilnya akan maksimal,” kata pemilik produk Madu MAS Sumbawa ini dalam sambutan singkatnya.

Regional Micro Banking Head RO BRI Denpasar, Arif Hartoyo menyampaikan selamat kepada BRI Cabang Sumbawa. Dia mendukung penuh apa yang dilakukan BRI Cabang Sumbawa.
“Kita siap bantu pasarkan secara digital. Jadi nanti pasarnya bukan hanya skala lokal tapi bisa seluruh Indonesia. Tapi syaratnya, teman teman para pelaku UMKM juga harus mlek digital. Biar kita bisa sama sama. Semoga UMKM di Kabupaten Sumbawa Semakin Berkembang,” kata Arif. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: