HomePemerintahan

Sinergi yang Baik PLN dan Pemda, Lunyuk Kini Jadi Kawasan 100% Listrik Pintar

Sinergi yang Baik PLN dan Pemda, Lunyuk Kini Jadi Kawasan 100% Listrik Pintar

Jadwal Pemadaman Listrik Kamis, 22 Juli 2021
Informasi Pemadaman Listrik, Kamis 9 September 2021
Jadwal Pemadaman Listrik Senin, 2 Agustus 2021

Lunyuk Resmi Ditetapkan Jadi Kawasan 100% Listrik Pintar
SUMBAWA-Kecamatan Lunyuk resmi menjadi Kawasan 100% Listrik Pintar. Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Sumbawa didampingi Manager PLN UP3 Sumbawa, dan Camat Lunyuk serta dihadiri Kapolsek dan Danramil Lunyuk, di Aula Camat Lunyuk, Kamis (16/9) pagi.
Peresmian ini sebagai wujud implementasi pembangunan teknologi pada alat ukur pelanggan. Dan untuk diketahui Kecamatan Lunyuk merupakan kecamatan kedua yang menjadi Kawasan 100% Listrik Pintar, setelah Kecamatan Orong Telu.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Sumbawa, Wiedhyarno Arief Wicaksono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada camat, kepala desa dan masyarakat Lunyuk atas dukungannya sehingga mampu mewujudkan Kawasan 100% Listrik Pintar terwujud di Kecamatan Lunyuk. “Tanpa bantuan dan kerja keras pak camat dan bapak-bapak kepala desa yang bekerjasama dengan rekan-rekan PLN, mustahil Kawasan 100% Listrik Pintar ini akan terwujud,” imbuhnya.
Sesuai motto PLN “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik”, Widi berharap nantinya dari listrik pintar ini akan menggerakkan roda ekonomi masyarakat khususnya di Kecamatan Lunyuk.
Apalagi Lunyuk sebagai daerah sentra jagung yang cukup potensial. Tidak hanya meningkatkan ekonomi masyarakatnya melalui pemanfaatan listrik pintar, tapi juga menjadi bahan baku terutama bonggol jagung yang menghasilkan energi listrik pengganti diesel. “Ini yang belum tergarap maksimal dan kami harap melalui program listrik pintar para kades bisa bersinergi dengan PLN, agar ini bisa optimal,” ucapnya.
Untuk diketahui jelasnya, listrik pintar merupakan pemindahan dari listrik pasca bayar (manual) ke listrik prabayar atau sering disebut listrik pulsa. Banyak manfaat yang diperoleh dari listrik pintar ini. Pelanggan bisa melakukan pengaturan sendiri dalam penggunaan listrik, berapa kebutuhan dan pembelian totalnya dalam sebulan. Dan dipastikan tidak aka nada tunggakan listrik, sebagaimana yang terjadi ketika menggunakan listrik pasca bayar. Sejauh ini, 1.584 rumah tangga dari total 6.000 pelanggan PLN telah menggunakan listrik pintar. Ini memenuhi target 25% dari jumlah pelanggan di Lunyuk. Dengan terpenuhinya target inilah yang menjadi dasar ditetapkan Lunyuk sebagai Kawasan 100% Listrik Pintar.
“Setelah Orong Telu dan Lunyuk, kami sedang menggarap Kecamatan Ropang, semoga secepatnya menjadi kawasan 100 persen listrik pintar berikutnya,” pungkas Widi.
Bupati Sumbawa yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Syahruddin SH menyampaikan terimakasih kepada PLN UP3 Sumbawa yang telah bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam mendukung upaya percepatan pembangunan. Salah satunya melalui pemenuhan kebutuhan listrik bagi masyarakat. Tentunya dengan berbagai kemudahan layanannya, termasuk layanan listrik pintar (prabayar) yang memungkinkan pelanggan untuk mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuan.
“Pelanggan juga dapat mengoptimalkan konsumsi listrik dengan mengatur sendiri jadwal dan jumlah pembelian listrik,” imbuhnya.
Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan pengharpaaan yang sama kepada segenap jajaran Pemerintah Kecamatan Lunyuk yang telah turut berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat terkait program listrik pintar ini. “Saya merasa bangga karena masyarakat di Kawasan Listrik Pintar Kecamatan Lunyuk ini, insya allah telah tertib dalam menggunakan listrik, bebas dari tunggakan, karena 100% masyarakatnya menggunakan listrik prabayar.
Di bagian lain Bupati mengajak seluruh aparatur pemerintah, aparat penegak hukum, para pengusaha di sektor swasta, lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, media massa dan seluruh lapisan masyarakat dengan segala kapasitasnya, untuk bersama-sama mendukung program listrik pintar ini demi kemaslahatan bersama. Dukungan ini sebagai bagian dari ikhtiar meningkatkan pembangunan, mendukung program pemerintah, menjaga dan memelihara hasil-hasil pembangunan, demi mewujudkan Sumbawa Gemilang.

Sebelumnya, Cmaat Dalam Lunyuk, Drs. Iwan Sofian menyampaikan terimakasih kepada Manager PLN Sumbawa dan jajarannya yang sudah menetapkan Lunyuk sebagai Kawasan 100% Listrik Pintar setelah Orong Telu. Jika Orong Telu sasarannya hanya 300 rumah tangga, Lunyuk lebih besar lagi, mencapai 1.500 lebih rumah tangga dari total 6.000 satuan sambungan.
Awalnya, diakui Camat, program ini menemui kendala di lapangan. Ini disebabkan tingkat sosialisasi di desa yang kurang optimal. Dengan silaturahmi dan kebersamaan yang terbangun dengan para kepala desa, target untuk menjadi kawasan listrik pintar tercapai. Ia berharap dengan ditetapkannya kawasan tersebut, akan tumbuh usaha ekonomi baru di Lunyuk. “Salah satunya menyiapkan kios-kios pulsa untuk kebutuhan rumah tangga,” sebutnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: