HomeSumbawaPemerintahan

Bupati Sumbawa: Kiprah PTPD Sudah Dirasakan Daerah Hingga Desa

Bupati Sumbawa: Kiprah PTPD Sudah Dirasakan Daerah Hingga Desa

Terus Dorong Industrialisasi Pangan Lokal
BPBD Sumbawa Imbau Warga di Bantaran Kali Tetap Waspada
Mau Gelar Resepsi, Baca Ini Dulu. Barapan Kebo ataupun Main Jaran Juga

Intan Media – Sumbawa

Plh. Bupati Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM., membuka secara resmi sekaligus mengikuti secara virtual, Lokakarya Replikasi Pembina Teknis Pemerintah Desa (PTPD) di Kabupaten Sumbawa, di ruang kerjanya pagi ini Kamis, 25 Maret 2021. Lokakarya juga diikuti oleh Direktur FPKAD Ditjen Bina Pemdes Kemendagri yang juga sebagai Nara Sumber, Dr. Faudah, M.Si., Kepala Dinas DPMD Sumbawa, Kepala Bagian Pemerintahan, para Camat dan Tim Fasilitator Kompak NTB.

Dikesempatan tersebut, H. Hasan Basri menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang didukung KOMPAK, telah menginisiasi pembentukan dan penguatan Pembina Teknis Pemerintah Desa (PTPD) di dua kecamatan, yakni kecamatan Plampang dan Utan, dan alam kurun waktu empat tahun terakhir, PTPD di dua kecamatan tersebut telah menunjukkan peran dan kinerja yang cukup baik. “Tak bisa dipungkiri, kiprah PTPD telah dirasakan manfaatnya oleh pemerintah kabupaten dan pemerintah desa”, ujarnya.

Disamping itu, jelasnya, peran strategis PTPD juga mencerminkan semakin menguatnya peran kecamatan, sebagai ujung tombak pemerintah kabupaten dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah desa, koordinasi lintas sektor, dan fasilitasi sinergitas program prioritas pemerintah kabupaten dan desa.

Seiring dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2019, tentang Pembinaan dan Pengawasan Pemerintah Desa, terang H. Hasan Basri. “Peraturan daerah tersebut mengamanatkan bahwa pemerintah daerah  dapat membentuk PTPD, dalam rangka mengoptimalkan fungsi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah desa”, lanjutnya.

Mengingat pentingnya pembentukan dan penguatan PTPD di seluruh kecamatan di Kabupaten Sumbawa, Plh. Bupati memandang kegiatan lokakarya itu sangat relevan untuk laksanakan. “Selain sebagai media untuk bersosialisasi, juga diharapkan menjadi wadah untuk menyepakati kerangka peran dan kelembagaan tim di tingkat kabupaten, yang akan melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja PTPD” tutup H. Hasan Basri. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: