HomeSumbawaPemerintahan

Dapat DAK Rp 17 Miliar, Balai PSDA Sumbawa Perbaiki Saluran Irigasi di Tiga DI

Dapat DAK Rp 17 Miliar, Balai PSDA Sumbawa Perbaiki Saluran Irigasi di Tiga DI

Ini Prediksi BMKG terkait Angin Kencang di Sumbawa
Mau Hilangkan Mercuri, Pemerintah Mulai Lakukan Ini
PRKP Siap Bantu Sarana Sanitasi yang Layak

SUMBAWA – Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pulau Sumbawa mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 17 miliar lebih tahun 2021 ini. Dana tersebut diperuntukkan terhadap perbaikan saluran irigasi di tiga Daerah Irigasi (DI) di Pulau Sumbawa.

Kepala Balai PSDA Pulau Sumbawa, Med Manjarungi, S.T., M.T membenarkan hal tersebut. Dikatakan, dana yang ada masing-masing untuk perbaikan DI Elang Desa di KSB Rp 2,7 miliar, DI Marente di Alas Rp 7,7 miliar dan DI Ncanga Ka Ncohai di Bima Rp 6,7 miliar. Ketiga paket perbaikan irigasi tersebut rencananya akan segera dilakukan proses tender.

“Jika tidak ada halangan Insya Allah akan segera kita tender sambil menunggu kelengkapan perencanaan baik RAB dan gambar,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (13/2).

Diungkapkan Med akrabnya disapa, nilai DAK yang diperoleh tahun 2021 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2020 lalu pihaknya mendapatkan Rp 7,6 miliar untuk perbaikan DI Semangi di Kecamatan Empang. Sedangkan pada tahun 2019 pihaknya mendapatkan Rp 3 miliar untuk perbaikan DI Kalimantong I di KSB.

“Jadi ini upaya kita untuk memperbaiki saluran irigasi di Pulau Sumbawa,” terangnya.

Med menegaskan, pihaknya terus berupaya mensukseskan misi Gubernur NTB terutama infrastruktur tangguh yang mantap. Salah satu misinya di poin D adalah irigasi yang cukup. Karena selain melalui APBD, pihaknya juga berusaha mengusulkan melalui DAK. Ke depan, pihaknya akan terus mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk perbaikan DI lainnya secara bertahap. Sehingga 19 DI yang menjadi kewenangan provinsi bisa diperbaiki untuk lebih optimal.

“Kami di Balai PSDA akan terus berusaha mengusulkan perbaikan. Supaya saluran irigasi kita di Pulau Sumbawa ini minimal ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya,” pungkasnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: