HomePendidikan

MAN 1 Taliwang Tanam Pohon dan Bersih Danau Lebo

MAN 1 Taliwang Tanam Pohon dan Bersih Danau Lebo

Pemda Tanam 400 Pohon di Sirkuit MXGP Samota
Hijaukan Desa, Kades Kukin Tanam Pohon Kelapa
KPH Brang Rea Puncak Ngengas Tanam Pohon Sambut HUT NTB

SUMBAWA BARAT, intanmedia.com- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Negeri 1 Sumbawa Barat menginisiasi penanaman pohon di kalangan pelajar. Kegiatan sosial memperingati hari penegerian MAN 1 Taliwang yang ke-15 tahun 2024 dirangkaikan dengan bersih obyek pariwisata danau lebo Taliwang melibatkan peserta didik seluruh madrasah yang ada di Kabupaten Sumbawa Bara, dan peserta didik sejumlah SMA/SMK di Kecamatan Taliwang. Serta melibatkan partisipasi Pemda Sumbawa Barat dan unsur Forkopimda.
Bupati Sumbawa Barat H. W Musyafirin bersama peserta didik dan para tamu undangan terlibat melakukan penanam pohon mencapai ratusan pohon di sekitar salah satu obyek pariwisata andalan yang dikunjingi wisatawan lokal KSB itu.
Kegiatan yang telah dicetus oleh MAN 1 Taliwanb, ke depannya dapat mengugah satuan Pendidikan yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Sebab masih banyak obyek pariwisata perlu sentuhan penataan secara bersama-sama dengan pemerintah di rawat dan ditata untuk kemajuan pariwisata agar menarik minat wisatawan berkunjung ke obyek pariwisata yang ada di KSB. kegiatan yang digagas MAN 1 Taliwang ini selaras dengan tekad Pemda Sumbawa Barat yang terus berupaya menata dan mengembangkan potensi obyek pariwisata melalui beragam terobosan yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan. Seperti promosi pariwisata tingkat regional, nasional hingga mancanegara. Dan sejauh ini mulai mendapat respon dari para investor yang mulai menanam modal untuk berinvestasi di KSB.
Dengan demikian sedari saat ini, kegiatan usaha pariwisata turunannya terus dipersiapkan sarana dan prasarana pendukung turunan lainnya. Dan saat ini telah dilakukan MAN 1 Taliwang.
Karena, seperti disampaikan pihak sekolah, tidak hanya melakukan penanaman. Akan tetapi dari pihak sekolah, memberikan tangung jawab bagi masing-masing peserta didik, menjaga dan merawat pohon hingga tumbuh besar. Artinya sekolah memiliki tangung jawab untuk menghijaukan obyek pariwisata danau lebo yang ditetapkan Pemda Sumbawa Barat sebagai obyek pariwisata yang terus dikembangkan dan dikelola untuk kemajuan daerah.
”Komitmen untuk merawat pohon hingga bisa tumbuh dengan baik sangat luar biasa, bisa dijamin pohon tersebut bisa hidup, ini akan menjadi warisan dan menjadi kebanggaan,” kata bupati
Seraya menambahkan, dirinya sangat paham proses pembentukan Madrasah Aliyah Taliwang, sebelum menjadi MAN 1Taliwang seperti saat ini yang sudah 15 tahun mendapat stempel penegerian, prosesnya cukup berat. Sebab kata Musyafirin mengetahui secara pasti proses dari awal pendirian hingga ditetapkan menjadi MAN 1 Taliwang seperti saat ini yang telah melahirkan banyak generasi penerus KSB.
Sebagai salah satu perintis, sangat bangga atas capaian MAN 1 Taliwang yang telah melahirkan generasi KSB yang berkualitas untuk masa depan. Dan yang paling utama, komitmen sejumlah inisiator yang merintis pembentukan MA saat itu, mendekatkan akses layanan pendidikan bagi masyarakat KSB.
Dan saat ini usaha yang diperjuangkan oleh sejumlah perintis. Termasuk H. W Musyafirin kala saat itu belum menjadi bupati, banga dengan prestasi MAN. Baik secara akademik maupun non akademik. Dan ke depan diharapkan prestasi sekolah terus dikembangkan dan ditingkatkan. Harapannya melalui MAN 1 Taliwang terus melahirkan generasi KSB berkualitas.
Di tempat yang sama kepala MAN 1 Taliwang Abdul Azis mengatakan, peringatan penegerian MAN 1 Taliwang, tahun ini berbeda dari tahun- tahun sebelumnya . Tahun ini mengangkat tema peduli terhadap lingkungan. Ini berangkat dengan kondisi lingkungan saat ini. Agar ke depan peserta didik Madrasah di KSB peduli terhadap lingkungan. Utamanya kebersihan dan penghijauan di lingkungan sekitar tempat mereka tinggal dan KSB pada umumnya.
Dikatakan, terbentuknya MA N 1 Taliwang, hingga menjadi seperti saat ini, merupakan dukungan dari Pemda Sumbawa Barat yang telah berkontribusi banyak untuk kemajuan pendidikan di bawah naungan Kemenag ini. Dimana kontribusi Pemda KSB, menghibahkan tanah untuk lokasi gedung MAN 1 Taliwang sekitar 1 Hektare lebih, ruang kelas dan tembok keliling. Dan saat ini mensuport penanaman pohon.
Dan semoga ke depan Pemda KSB terus mendukung kemajuan peningkatan kualitas pendidikan yang diselenggarakan MAN 1 Taliwang guna terciptanya generasi KSB yang berkualitas yang akan menyambung estapet pembangunan di masa yang akan datang.
Dan pihak sekolah berkomitmen melakukan pembinaan dan meningkatkan kualitas akademik peserta didik dengan harapan diterapkan setelah kembali ke tengah masyaqrakat nanti. (I’M)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!