HomeKSB

20 Tahun KSB Banyak Capaian dan Raih Prestasi

20 Tahun KSB  Banyak Capaian dan Raih Prestasi

Kerap Kesulitan Berikan Izin, DPUPR Petakan Potensi dan Lokasi Galian C
Bupati KSB Mutasi Guru dan Kepsek
Tim Verifikasi Setmilpres Lakukan Penilain Usulan Tanda Kehormatan SWK

SUMBAWA BARAT-intanmedia.com- Selama 20 tahun perjalanan, semenjak terbentuk tanggal 20 November tahun 2003 samapai saat ini tanggal 20 November 2023 sudah banyak capaian, apresiasi dan prestasi yang diraih. Itu sebagai bukti dengan semangat ikhlas Jujur dan Sungguh-Sungguh semua dapat diwujudkan.
Itu dikumandangkan Bupati Sumbawa Barat saat menjadi Inspektur upacara memperingati Hari Lahir (Harla) Kabupaten Sumbawa Barat ke 20 tahun 2023 di lapangan graha fitrah kantor bupati lingkungan KFC.
Peringatan Harla KSB tahun ini mengusung tema Sumbawa Barat JUARA.
Disampaikan, di usia remaja kabupaten yang telah berupaya mengejar ketertinggalan pembangunan dari segala aspek. Setelah memisahkan diri dari kabupaten ini. Kabupaten Sumbawa, telah mampu mengejar ketertinggalan. Bahkan bisa dikatakan mensejajarkan diri dengan Kabupaten/Kota lainnya dalam wilayah administratif Provinsi NTB. Itu semua hasil perjuangan semua pihak yang telah berkontribusi dari semenjak cita-cita dan rencana hingga terbentuknya KSB 20 tahun lalu.
Tema Sumbawa Barat Juara,tidak hanya diartikan sebagai prestasi. Tetapi mengandung makna semangat, etos kerja, kreatifitas dan pola pikir progresif yang harus dimiliki oleh masyarakat Sumbawa Barat dalam meraih cita-cita dan harapan ke depan.
Meski Kabupaten yang dicintai ini berusia remaja. Namun dengan semangat juara, telah mampu mewujudkan dalam sejumlah prestasi yang telah diraih pada tahun 2023 ini. Seperti penurunan angka kemiskinan. Sesuai data BPS tahun 2022 sekitar 13,02 persen turun menjadi 12,95 persen. KSB merupakan Kabupaten yang mengalami penurunan kemiskinan bersama lima Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi NTB.
Selain itu, mampu menangani persoalan inflasi daerah. Atas kepiawaian itu diapresiasi pemerintah pusat kategori kinerja pengendalian inflasi daerah periode III tahun 2023. Atas itu pemerintah pusat memberikan identifikasi Fiskal Rp. 9 Milyar lebih.
Selain itu saat Pemda Sumbawa Barat fokus menangani masalah stunting yang merupakan salah satu isu nasipnal terus berupaya ditekan. Dalam penanganannya mendapat imbas positif telah dituntaskan 5 pilar STBM. Dengan penanganan lingkungan KSB dan upaya cepat menangani stunting, tahun 2023 ini mampu menurunkan angka stunting menjadi 7,64 persen dari sebelumnya 15,80 persen tahun 2020. Itu data EPPGM.
Prestasi lainnya dalam penyelenggaraan transformasi nilai praktek pemerintahan daerah. Diajang ini Pemda Sumbawa Barat menerapkan Sistim Monitoring Center For Prevention. Diajang ini mendapat nilai tertinggi di Provinsi NTB. Atas capaian itu mendapat penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari anti korupsi dunia belum lama ini.
Selain itu jjuga kebijakan yang digagas bupati dan wakil bupati yaitu gotong royong menuju tuntas lima pilar STBM. Dilombakan pada ajang kompetensi inovasi pelayanan publik di lingkungan kementerian/lembaga pemerintah daerah, BUMN, BUMD tahun 2023, masuk dalam top 45 inovasi pelayanan publik terpuji.
Dihadapan peserta upacara bupati menyampaikan, prestasi dan apresiasi yang diraih selama ini, tidak lepas berkat kerjasama dan dedikasi semua pihak. Dalam hal ini, pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan semua elemen masyarakat yang peduli terhadap pembangunan.
Diakhir sambutannya bupati berpesan sejarah terbenruknya KSB yang telah mampu secara mamdiri menata diri hingga mencapai apresiasi dan prestasi, sebagai untaian peristiwa penuh makna dan hikmah.
Pada upacara Harla ke 20 tahun 2023 turut mendampingi bupati Wakil Bupati Fud Syaifuddin. Turut hadir ketua dan wakil ketua DPRD Sumbawa Barat,Forkopimda dan para tamu undangan dari luar daerah, Toga dan Toma. Turut menjadi peserta upacara masyarakat dan pegawai limgkup Pemda Sumbawa Barat. Peserta upacara mengunakan pakaian adat Sumbawa. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!