HomePemerintahan

Pemda Terus Hadirkan Tenaga Skill

Pemda Terus Hadirkan Tenaga Skill

Divaksin Tahap Kedua, Abdul Rafiq Merasa Semakin Fit
38 Desa Belum Usulkan Pencairan DD Tahap Tiga
Ini Jadwal Pelantikan Kades Poto

SUMBAWA – Belasan alumni Pelatihan Plate Welder 6G UPTD LLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa mengikuti On Job Training (OJT) di PT. Rezza Usaha Mandiri (RUM) yang berlokasi di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala Disnakertrans Sumbawa diwakili Kabid Pelatihan dan Produktifitas Junaidi, S.Pd., M.Pd didampingi oleh Ptl. KUPT LLK Sumbawa melepas secara langsung keberangkatan alumni LAS 6G itu, Senin (07/11/2022) pagi di LLK Sumbawa. Turut hadir Diretur PT.RUM Yutphi Iriandi, S.T. berserta tim.

Plt. KUPT LLK Sumbawa M Yakup, S.E., dalam laporannya menyampaikan OJT di PT.RUM diikuti oleh 16 orang peserta. OJT dilaksanakan selama satu bulan mulai tanggal 07 November hingga 06 Desember mendatang.

Dijelaskan, sebelumnya, para peserta OJT ini telah mendapatkan pelatihan LAS 6G di LLK Sumbawa selama 1 bulan. Kemudian mengikuti uji kompetensi BNSP oleh SP3 Surabaya.

“Mereka telah mengikuti pelatihan, dan kemarin dilakukan uji kompetensi BNSP kita bekerjasama dengan SP3 Surabaya. Sekarang mereka kita ikutkan OJT di PT.RUM yang merupakan Subkon PT. AMNT,” jelasnya.

Pihaknya sangat senang dan bangga alumni LAS 6G LLK Sumbawa bisa mengikuti OJT di PT.RUM ini. Ia berharap agar para peserta bisa mengikuti OJT dengan baik.

“Kami sangat bangga dan bahagia atas kesempatan ini untuk memperliatkan keahliannya kepada PT RUM. Tunjukan anda bisa menjadi yang terbaik. Kalian bukan hanya mewakili LLK Sumbawa tapi Kabupaten Sumbawa,” tukasnya.

Sementara itu, Kabid Pelatihan dan Produktifitas Disnakertrans Sumbawa Junaidi, S.Pd., M.Pd., menyampaikan, selama satu bulan ke depan, pihaknya menitipkan para peserta OJT ini kepada PT.RUM untuk menjadikan mereka sesuai dengan profil dan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.

“Selama lebih kurang 1 bulan menyerahkan pak Yutphi dan tim jadikan mereka sesuai dengan profil dan kompetensi yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Kepada para peserta, ia berpesan agar benar-benar memahami apa yang menjadi bagian dari SOP perusahaan. Lakukan semua dengan konsiten, dan ikuti arahan.

“Yang nanti difahami bagaimana SOP perusahaan, lakukan itu dengan konsisten sebagai bekal sukses dalam OJT. Kemarin kalian sudah diuji oleh BNSP. OJT ini antara kerja dan belajar. Tetapi kalian berhadapan dengan dunia kerja sesungguhnya,” pasannya.

Tidak kalah penting lanjutnya, harus mengedapankan etika. Sebab kata dia, sebagai besar kegagalan dari para calon tenaga kerja ada pada etika. Termasuk juga harus mampu berkolaborasi dengan tim kerja.

“Ikuti arahan perusahaan, satu komando, kalian kesana untuk belajar, ikuti instruksi, jalankan semua arahan, kami tunggu kabar baik dari kalian. Kami bersama kepala dinas telah berusaha menghadirkan kalian disini,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur PT. RUM Yutphi Iriandi, S.T, menyambut baik langkah yang dilakukan oleh LLK Sumbawa. Menurutnya, ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa dari LLK Sumbawa.

“Ini luar biasa terobosan LLK Sumbawa, kalau kita bilang terobosan baru. Ini semacam persiapan karena di Januari ada rekrutan ribuan tenaga kerja untuk Smalter,” ungkapnya.

Selama OJT jelasnya, para peserta akan diberikan pelatihan sesuai skill. Mereka benar-benar akan berada di industri yang sesungguhnya.

“Nanti peserta akan kita latih sesuai dengan skil. Info dari pak kepala LLK ini welding nanti kita tambah skilnya mereka kita akan benar-benar berada di industry bukan lagi membayangkan tetapi langsung di lapangan. Kalau di kami alat-alatnya menggungunakan standar pertambangan,” jelasnya.

Lanjutnya, tidak menutup kemungkinan para peserta akan ditarik untuk bekerja jika menunjukan hasil yang bagus. “ini kesempatan kalau mereka bagus-bagas hasilnya. Kebetulan kami akan ada projek di smalter maupun tempat lain, bisa jadi kita ambil dan kasih mereka kesempatan bahkan kalau bagus disertai etika yang bagus langsung kita rekrut,” pungkasnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: