HomePemerintahan

Bupati Instruksikan Semua Komponen Senantiasa Waspada Bencana

Bupati Instruksikan Semua Komponen Senantiasa Waspada Bencana

Coba Pendekatan Mandiri Berbasis Desa
BPBD Sumbawa Optimis Pembangunan RTG Tuntas April
Pol PP Rutin Operasi, Tempat Hiburan Malam Tertib Tutup

SUMBAWA-Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyebut, Kabupaten Sumbawa merupakan daerah yang termasuk dalam kategori rawan bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial. Serta mempunyai kompleksitas permasalahan dalam penanggulangan bencana.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah saat bertindak sebagai Inspektur pada Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022, yang mengangkat tema “Bersatu Kita Tangguh”, Senin (24/10/22).

Dikatakan, hasil kajian BMKG memprediksi kejadian La Nina di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Sumbawa, akan terjadi pada penghujung tahun 2022 hingga awal tahun 2023.

“Ini akan berdampak pada peningkatan curah hujan bulanan diatas normal, yang berpotensi memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, angin puting beliung, dan abrasi,” sebutnya.

Menurutnya, kewaspadaan dini harus ditumbuhkan mulai dari tingkat paling bawah yakni keluarga, RT, dusun, desa, kecamatan serta Kabupaten.

Hal tersebut dilakukan untuk mempertegas bahwa semua komponen harus senantiasa waspada dengan bencana, mengingat Sumbawa masuk pada zona Lintasan Cincin Api (The Ring Of Fire).

Untuk itu, Bupati meminta para relawan kemanusiaan untuk memperkuat mitigasi bencana ditingkat masyarakat, dengan intens memberikan informasi terkait anomali cuaca.

Kondisi musim penghujan, harap Bupati, hendaknya di manfaatkan oleh lembaga-lembaga pemerintahan dan swasta, untuk menggalakan penanaman pohon demi keberlangsungan mata air di musim kemarau.

Bupati juga mengajak semua komponen untuk saling mendukung, berkoordinasi, dan bersinergi dalam pelestarian alam, sebagai upaya mengantisipasi kondisi musim penghujan, serta memperkecil potensi bencana yang kemungkinan terjadi.

“Semoga Allah selalu melindungi kita semua, agar terhindar dari segala bencana dan musibah”, tutupnya di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: