HomePolitik

KPU Apresiasi Program Pendidikan Politik Pemkab Sumbawa

KPU Apresiasi Program Pendidikan Politik Pemkab Sumbawa

Periode Juli, KPU Sumbawa Tetapkan 337.545 DPB
Sukseskan Pemilu 2024, KPU Sumbawa Gelar Doa Bersama
Banyak Pemilih Meninggal Dunia

SUMBAWA- Program Pendidikan Politik Pemilih Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Bakesbangpol sangat diparesiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa.

Kegiatannya berlangsung sukses pada tanggal tanggal 1 – 4 Agustus 2022 di 4 empat Kecamatan ( Moyo Hulu, Labangka, Buer, Labuhan Badas) dengan indikator partisipasi rendah basis desa pada pemilihan Bupati Sumbawa 2020.

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Sumbawa Muhammad Ali, S.IP. menjelaskan, program edukatif yang terselenggara atas kerjasama dengan KPU Sumbawa ini bertujuan untuk pengembangan demokrasi di Kabupaten Sumbawa.

Komisioner muda ini menyebut, jumlah peserta kurang lebih 40 orang di setiap pelaksanaan kegiatan. Yakni sasaran peserta antara lain pemilih ASN, komunitas petani, komunitas nelayan, pemilih perempuan, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala desa dan perangkat desa.

“Peserta kegiatan sangat mengapresiasi program pendidikan politik pemilih ini, berharap kegiatan ini terus di budayakan setiap tahun di seluruh kecamatan di kab. Sumbawa untuk mendorong politik toleran dalam kehidupan berdemokrasi bagi masyarakat sebagaimana tujuan pemilu dilaksanakan,” ungkapnya.

Adanya kerjasama Bakesbangpol Kabupaten Sumbawa dengan KPU Sumbawa kata dia, akan membantu peserta memahami secara kritis dan faktual data serta informasi kepemiluan di Kab. Sumbawa seperti aturan, sejarah, peserta, syarat calon, jumlah data pemilih, perilaku pemilih, tingkat partisipasi, permasalahan yang di hadapi setiap pelaksanaan pemilu, tahapan dan jadwal pemilu 2024.

Atas manfaat tersebut, menurutnya tentu KPU Sumbawa sangat mengapresiasi langkah hebat pemerintah Kabupaten Sumbawa khususnya Bakesbangpol Sumbawa. Yakni karena adanya komitmen untuk membantu lembaga penyelenggara pemilu khususnya KPU Kab. Sumbawa dalam memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih secara langsung, keberlanjutan, luas dan massif bagi pemilih dan meningkatkan pengetahuan kedaulatan pemilih untuk gunakan hak pilih dengan jujur dan cerdas di pemilu.

Terlebih saat ini lanjutnya KPU RI sedang menghadapi tahapan pendaftaran calon peserta pemilu serentak 2024 khususnya partai politik, KPU Kab. Sumbawa sedang persiapan vermin dan verfak persyaratan calon peserta pemilu partai politik, hingga nanti di tahun yang sama pencoblosan pemilu pada 14 Februari 2024 dan pencoblosan pemilihan Gubernur NTB dan Bupati Kab. Sumbawa pada tanggal 27 November 2024.

“KPU Sumbawa mengharapkan partisipasi pemilih pada pemilu dan pemilihan 2024 meningkat 90℅ pemilih gunakan hak pilih dari 82.42℅ partisipasi pada pemilihan Bupati tahun 2020. Selain itu pemilih agar bersih gunakan haknya bukan karena uang/barang, bukan karena informasi hoax dan lainnya dalam pemilu 2024 nanti,” pungkas komisioner ramah ini. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: