HomePemerintahan

Salam Gera, Program Rintisan Camat Moyo Hilir yang Diapresiasi Bupati  

Salam Gera, Program Rintisan Camat Moyo Hilir yang Diapresiasi Bupati  

Camat Diminta Lebih Proaktif Antisipasi Masalah di Wilayahnya
Bupati Minta Camat Bina Lasqi Kecamatan
Bupati Instruksikan Razia Sajam hingga HP

SUMBAWA-  Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah akhirnya secara resmi meluncurkan program Salam Gera (Sapa Malam Gemilang yang Berkeadaban) di Kantor Kecamatan Moyo Hilir, selasa sore ini (26/4).
 
Program rintisan Camat Moyo Hilir Deden Fitriyadi, S.STP., M.Si ini merupakan integrasi pelayanan administrasi secara terpadu di tingkat kecamatan dan pemerintah desa se-Kecamatan Moyo Hilir.
 
Program yang merupakan inovasi dari Camat termuda se-Kabupaten Sumbawa ini sangat diapresiasi Bupati Sumbawa. Program ini, menurut Bupati, akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan beberapa dokumen sekaligus dalam sekali pengajuan.
 
“Inilah sesungguhnya yang saya sebut sebagai layanan yang membahagiakan rakyat, yaitu layanan yang efektif, efisien, dan gratis,”Kata Bupati.
 
Bupati berharap semua Camat dan kepala desa untuk terus berinovasi dan melakukan berbagai upaya untuk mengkolaborasikan sistem penjangkauan dan juga sistem pemanfaatan dokumen adminduk.
 
 “Selain meningkatkan perluasan akses kepemilikan dokumen adminduk, pada saat yang sama dokumen tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengakses berbagai program pembangunan, termasuk program bantuan sosial,” harapannya.
 
Tepat pada  setahun masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Dewi Noviany hari ini, H.Mo’ berharap 10 program unggulan yang telah dicanangkannya dapat segera terwujud. Karena itu, Ia menginstruksikan seluruh jajarannya untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, dan saling menguatkan agar berbagai persoalan di daerah ini terentaskan.
 
Sementara itu, Camat Moyo Hilir, Deden Fitriadi, dalam laporannya menyebutkan program Salam Gera dicanangkan untuk mengakomodir masyarakat yang tidak dapat melakukan pengurusan dokumen adminduk pada jam normal.
 
Teknisnya kata Mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Sumbawa ini,  pelayanan akan dilaksanakan satu kali setiap bulannya pada pukul 17.00 – 18.00, dan dilanjutkan kembali pada pukul 19.00 hingga pukul 22.00 malam.
Lebih lanjut dijelaskan Deden, pelayanan masyarakat pada Salam Gera akan didukung beberapa perangkat daerah seperti Dinas Dukcapil untuk pelayanan dan percetakan KTP dan KIA, Bapenda untuk pelayanan perpajakan, dan DPMPTSP untuk pelayanan perijinan.
 
“Kegiatan sore hari ini, merupakan kegiatan yang sejak Januari sudah saya rencanakan, yang setelah  berkoordinasi mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Kami mencoba mewujudkan yang walaupun terdapat sedikit kendala. Namun berkat dukungan dari Pak Bupati, Ibu Wabup, PAK Sekda, PAK Astu, serta kepala OPD pendukung, program ini segera bisa diwujudkan,” ungkapnya.
 
 
Sesuai  dengan visi-misi Pemerintah Kabupaten Sumbawa tahun 2021-2026, disebutkan di dalam misinya, yakni Sumbawa Bersih dan Melayani dengan menciptakan birokrasi pemerintahan yang bersih, cepat dan bermutu, memberikan kepastian serta pelayan yang cepat dan efisien melalui program
unggulan  pelayanan masyarakat  satu pintu di kecamatan.
 
 “Sehingga kami mencoba mengkreasikannya dengan suatu kegiatan di luar waktu yang ditentukan, yang mana berdasarkan pengamatan, masih terdapat  masyarakat yang tidak dapat melakukan pelayanan adminduk pada jam normal,”paparnya.
 
Pelayanan Salam Gera, didukung oleh beberapa OPD. Yakni, Disdukcapil dengan pelayanan perekaman/percetakan KTP-el dan pelayanan adminduk KIA.
 
Kemudian,  Bapenda dengan pelayanan pembayaran SPPT PBB-P2, Pemutakahiran data PBB-P2, Pendaftaran dan penertiban kartu NPWPD dan sosialisasi pajak daerah.
 
Berikutnya, Kantor UPTB Unit Pelayanan Pajak Daerah dengan pelayan Samsat keliling  dan sosialisasi  pajak kendaraan bermotor.
 
Selanjutnya Dinas PMPTSP dengan pelayanan perijinannya. (IM)
 
 
 
 

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!