HomePemerintahan

Kurangi Persoalan Sampah, Bagian Timur Sumbawa Akan Disediakan TPA

Kurangi Persoalan Sampah, Bagian Timur Sumbawa Akan Disediakan TPA

Ketua DPRD Sumbawa Siap Jadi Orang Pertama Divaksin Covid-19
Pemda Sumbawa Atensi Tingginya Kasus Rabies
BPBD Sumbawa Optimis Pembangunan RTG Tuntas April

SUMBAWA – Pemkab Sumbawa melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) berencana menyediakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di wilayah timur Sumbawa. Penyediaan TPA tersebut guna meminimalisir persoalan sampah di Sumbawa.
Kepala Dinas LH Kabupaten Sumbawa, Abdul Haris, S.Sos membenarkan adanya rencana tersebut. Upaya ini dilakukan karena wilayah timur terlalu jauh dan belum memiliki TPA.
“Yang ada baru TPA Raberas sama Lekong saja. Sementara wilayah Timur belum ada. Karena mengingat juga jumlah penduduk dan lain sebagainya, sehingga perlu adanya TPA,” ujarnya, Selasa (2/3)
Pihaknya sudah mengusulkan untuk penyediaan TPA Tersebut. Hanya saja lokasinya belum ditentukan. Rencananya dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan dengan sejumlah camat untuk mendiskusikan rencana lokasi.
“Karena belum ada lokasi, rencananya kita akan melakukan pertemuan dalam waktu dekat dengan mengundang camat Tarano, Empang, Plampang sampai Maronge dan Labangka. Untuk kita berdiskusi kira-kira rencana lokasi TPA itu di mana tempatnya,” ujarnya.
Terhadap lokasi TPA, jelasnya, pihaknya ingin memanfaatkan kawasan hutan dengan luasan sekitar 5 hektare. Tentunya untuk memanfaatkan hutan itu, pihaknya harus meminta rekomendasi dari gubernur. Sehingga lokasi nantinya bisa diusulkan untuk dijadikan TPA. Pihaknya berharap dengan tersedianya TPA di wilayah Timur dapat meminimalisir persoalan sampah di Sumbawa.
“Kita berharap nantinya bisa mengurangi adanya penumpukan-penumpukan sampah di sembarang tempat,” tandasnya. (IM/Kerjasama Publikasi Pemkab Sumbawa dengan IntanMedia.com)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: