HomeSosial

Data KPM BPNT Sumbawa Belum Valid

Data KPM BPNT Sumbawa Belum Valid

IISWARA DPRD Sumbawa Berbagi Sembako

SUMBAWA- Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sudah bergulir selama 4 bulan sejak ditransformasikan dari Bantuan Pangan Beras Sejahtera (Rastra) September Tahun lalu.

Berdasarkan data Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa, total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT berjumlah 34.040. Namun hingga 4 bulan bergulir, belum semua KPM bisa menerima bantuan pangan tersebut.

Kepala Disos Kabupaten Sumbawa Ir. A. Yani melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Mirajuddin, S.T. membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, dari total 34.040 Keluarga penerima manfaat, ternyata tidak semua menerima bantuan karena bermasalah.
“Karena kemarin kita dari 34 ribuan itu, yang namanya keluar sebanyak 32 ribu (Penerima Kartu BPNT-red). Jadi tidak full kuota kita kemarin. Memang ada beberapa kendala, seperti penerima ada bermasalah dengan NIK sehingga tidak keluar namanya. Dan ini sedang kita proses perbaikan data. Ada seribu lebih itu,” ungkapnya.
Belum tuntas persoalan sampai di situ, dari 32 ribuan kartu BPNT yang sudah tercetak dan mesti terdistribusi ke KPM, tersisa 1.900 kartu yang tidak terdistribusi.
“Karena memang tidak ditemukan orangnya, ada yang sudah meninggal, tidak ada ahli waris, itu yang sedang kita proses untuk penggantinya. Ada juga yang tidak ambil kartu karena jarak, misalnya yang tinggal di wilayah Pulau. Nanti kita rekap, sekarang kita usulkan untuk diberikan lagi. Tapi kita bersurat ke Kementerian dulu, baru Kementerian memeritahkan BRI untuk menyalurkan lagi kartu yang tertunda tersebut,” pungkasnya. (im01)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: