HomeSumbawa

Mata Jitu dari KSB, Air Terjun Ai Mual Menjadi Incaran Baru Wisatawan

Mata Jitu dari KSB, Air Terjun Ai Mual Menjadi Incaran Baru Wisatawan

Banyak Pasar Belum Terisi, Ini Penjelasan Kepala Bapenda
Bupati Buka Kegiatan IJTI NTB Goes To School di SMU 02 Taliwang
Jalan Lingkar Selatan Longsor Puluhan Meter

Penulis : Cahyatul Komala Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA)
Sumbawa Barat – Siapa yang tidak mengenal air terjun Mata Jitu, tempat wisata paling hits di daerah sumbawa. Ternyata, selain di Moyo Sumbawa, Air terjun yang serupa pun di temukan di daerah tetangga, Kabupaten Sumbawa Barat, tepatnya di Desa Bangkat Monteh Kecamatan Brang Rea yaitu Air Terjun Ai Mual.
Banyak yang mengatakan bahwa Air Terjun Ai Mual ini merupakan duplikat dari Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo, Sumbawa. Mengapa tidak, bentuknya yang bertingkat menyerupai air terjun mata jitu.
Air terjun ini, menjadi salah satu objek destinasi favorit para wisatawan domestic. Letaknya yang berada di pedalaman Desa Bangkat Monteh, dan jarak akses yang hanya memakan waktu sekitar 45 menit dari kota taliwang, dan tidak lewat 15 menit dari Desa Bangkat Monteh itu sendiri.
Pemandangan alam yang masih sangat asri dan air yang masih biru adalah salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Air terjun ini memang baru-baru ditemukan dan langsung menjadi incaran bagi warga KSB. Air terjun ini, tetap ramai dikunjungi, terlebih pada saat musim-musim liburan.
Sepanjang perjalanan, kita akan di manjakan dengan pemandangan-pemandangan hijau yang masih sangat asri, yang kealamiannya masih terjaga. Gunung-gunung, pepohonan yang berusia puluhan tahun, hamparan sawah-sawah yang mengelilingi pemukiman warga, menjadi daya tarik tersendiri dari wisata tersebut.
Akses ke Ai Mual yang dulunya masih berupa lembah-lembah karena belum terekspos di kahalayak ramai, namun kini sudah berubah menjadi jalan setapak yang mudah untuk di akses. Tidak hanya dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang tua pun banyak yang berkunjung ke Ai Mual.
Para wisatawan memilih ai mual menjadi tempat liburan karena tidak hanya jarak tempuhnya yang dekat, tetapi keindahan pesona dari Air Terjun Ai Mual itu sendiri yang menggugah pikiran menjadi lebih nyaman.

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
error: Content is protected !!