HomePemerintahan

Bupati Terus Support Pembenahan SDM Pemandu Wisata

Bupati Terus Support Pembenahan SDM Pemandu Wisata

Wabup Support Upaya Penguatan Kapasitas Petani dan Penyuluh
Pemda Tidak Paham Penganggaran ? Jalan Kabupaten Tanpa Pemeliharaan Rutin
Temui PT. Sumatraco,  Wabup Ingin   Garam Sumbawa Dikelola dengan Modern  

SUMBAWA- Bupati Sumbawa Drs. H.Mahmud Abdullah terus mensupport semua upaya pembenahan SDM Pemandu Wisata di Kabupaten Sumbawa.

Karena menurutnya,  menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean, salah satu tantangan Indonesia adalah pembenahan SDM pemandu wisata melalui sertifikasi.

“Para pemandu wisata harus memiliki Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) kepemanduan wisata (tour guide), sebab di mata wisatawan mancanegara, pemandu wisata adalah sosok yang menjadi representasi atas suatu negara,”kata bupati diwakili Staf Ahli Bidang SDA dan Kemasyarakatan Drs. Zainal Abidin, ketika membuka Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Tahun 2022, oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Rafflesia kerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Senin (20/6) pagi, di Aula Hotel Grand Samota, Sumbawa Besar.

Melalui sambutan tertulisnya tersebut, Bupati sangat mengapresiasi PSKK terhadap pelaku dibidang pariwisata, hotel, dan guide ini, seraya berharap, dapat mendukung suksesnya event “MXGP Samota 2022. Dengan harapan mampu memberikan multiplier effect mulai dari ekonomi, pariwisata, olahraga, hingga re-branding Kabupaten Sumbawa.

Bupati sangat berharap, para pemandu wisata yang mengikuti sertifikasi kompetensi kali ini dinyatakan lulus, sehingga siap menyambut dan mendampingi wisatawan pada event MXGP, yang tinggal menghitung hari ini.

“Mari bersama-sama kita sukseskan MXGP Samota 2022”, pungkasnya. (IM)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: