HomeKesehatan

Sumbawa Siap Gunakan Entram, Alat Rapid Produksi UNRAM

Sumbawa Siap Gunakan Entram, Alat Rapid Produksi UNRAM

Dua Paket Puskesmas dalam Proses Tender
Barapan Kebo di Moyo Hulu Dibubarkan Polisi
Dukung P4GN, FIAN Sumbawa Ikuti Rakor Virtual Bersama BNN

SUMBAWA- Alat rapid antigen buatan UNRAM, yang diberinama Entram telah diserahterimakan oleh Gubernur NTB ke bupati/walikota se NTB secara virtual. Bupati dan wakil bupati Sumbawa Mo-Novi juga mengikuti acara penyerahan. Meskipun hingga saat ini, alat rapid yang sebelumnya sudah mengantongi ijin produksi dan ijin edar BPOM itu belum diterima fisiknya oleh Pemda Sumbawa.
Meski demikian, Pemda Sumbawa memastikan setelah Entram ini diterima, nantinya akan diakumulasikan dengan alat rapid lainnya yang ada. Karena data di Dikes Sumbawa, hingga saat ini stock alat rapid yang ada di Dikes masih sekitar 3500.
“Belum lama ini kami juga dapat dari BPBD sekitar dua ribuan. Jadi stock yang ada masih cukup banyak. Apalagi nanti bila Entrim ini sudah kami terima. Dan kami siap manfaatkan dan gunakan,” Kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, I Ketut Sumardi Arta, Minggu (16/5).
Apakah Entram ini akan ada sasaran penggunaan khusus ? “Tidak ada penggunaan secara terpisah atapun sasaran khusus,” kata Ketut.
Menurutnya, dalam penggunaannya, Entram maupum alat rapid jenis lainnya yang ada akan digunakan secara bersamaan sesuai kebutuhan. Terutama dalam melakukan rapit terhadap hasil tracking kontak yang swbelymnya dinyatakan positif.
Seperti dusampaikan sebelumnya, rapid Antigen Entram telah diuji di Laboratorium Unram dan diklaim memiliki beberapa keunggulan. Secara klinis, Entram memiliki sensitivitas dan spesifikasi yang telah melampaui standar Kemenkes RI. Hasil rapid tesnya pun dapat diketahui hanya dalam waktu 15 hingga 20 menit saja. Selain itu, dari sisi harga, Entram diklaim lebih murah ketimbang produk-produk lainnya. (IM/Kerjasama publikasi dengan Pemda Sumbawa khusus informasi Kesehatan)

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0