HomePemerintahan

Predikat ODF  Diupayakan Jadi Hadiah HUT Sumbawa

Predikat ODF  Diupayakan Jadi Hadiah HUT Sumbawa

64 Tahun Kabupaten Sumbawa, Kondisi Jalan Semakin Rusak
Bupati Tegaskan Penempatan Pegawai sesuai Kualifikasi dan Kompetensi
Disnakeswan Salurkan 745 Ekor Ternak untuk 22 Kecamatan

SUMBAWA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Hujaidi, M.Si., berharap predikat  Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air besar sembarangan menjadi kado di HUT ke-63  Kabupaten Sumbawa.
 
 
Menurutnya,  untuk mendapatkan status kabupaten ODF, maka terdapat dua dari lima pilar STBM yang harus dipenuhi. Pertama,  Bebas dari  perilaku buang  air besar sembarangan. Kedua meningkatnya kesadaran masyarakat mencuci tangan menggunakan sabun.
 
“Sampai hari ini semua desa kita sudah ODF. Tetapi penilaiannya apakah sudah benar atau tidak akan dilakukan verifikasi oleh Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Provinsi. Kita sudah sampaikan surat ke Pokja Provinsi, kita harapkan hari Kamis mereka hadir,” jelasnya.
 
 Tim Pokja AMPL Provinsi kata dia,  akan melakukan verifikasi di 20 desa yang dipilih oleh tim secara acak dari masing-masing kecamatan. Diharapkan, semua berjalan sesuai harapan, sehingga deklarasi ODF bisa menjadi kado HUT Sumbawa ke-63.
“Kalau kamis bisa selsesai tim itu, maka sekitar hari Jumat kita bisa dapat hasilnya. Mudahan semua yang kita lakukan  sukses. Kalau rekomendasinya memang benar, maka kita harapkan hadiah HUT Kabupeten Sumbawa untuk melakukan deklarasi. Sehingga kita sudah menyelesaikan 2 pilar dari 5 pilar STBM,” pungkasnya. (IM/Publikasi Kerjasama intanmedia.com dengan Pemda Kabupaten Sumbawa)
 

Spread the love

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!